Jenama Fesyen Bandung Gandeng Artist Autism Membuat Desain Scraft

Ada beberapa koleksi yang ditawarkan

Bandung, IDN Times - Jenama fesyen muslim dari Kota Bandung, Elzatta, melakukan kolaborasi dengan seorang artist autism, Izzati, untuk membuat desain scraft yang dipamerkan pada IN2MF 2023. Desain tersebut menjadi koleksi pada tema Pesona Bunga Nusantara.

VP Brand Elzatta Tika Mulya mengatakan, kolaborasi tersebut tercipta dari pertemuan tanpa sengaja antara owner Elzatta, Elidawati Ali Oemar, dengan Ibu Lita, salah satu pembeli yang sangat loyal dengan Elzatta. Pertemuan tersebut akhirnya berlanjut hingga terjalin hubungan yang erat.

Cerita inspiratif seorang ibu luar biasa dari dua orang anak yang sangat spesial, membuat Elzatta memiliki gagasan untuk bersinergi dalam membuat berkarya. Kisah Ibu Lita, yang tengah berjuang sebagai cancer survivor, juga membesarkan dua anak kembar autisnya, menginspirasi Elzatta untuk melakukan kolaborasi bersama. Izzata dan Izzati, anak kembar istimewa Ibu Lita, menginspirasi Elzatta dalam mengembangkan karya terbaru.

"Dengan bakat melukisnya, Elzatta menggaet Izzati untuk menuangkan goresan kuasnya pada koleksi kolaborasi ini. Elzatta x Teman Spesial, sebuah kolaborasi istimewa yang tercipta untuk mendukung dan menyebarkan awareness terhadap autisme," kata Tika melalui siaran pers dikutip IDN Times, Rabu (1/11/2023).

1. Goresan tangan Izzati diaplikasikan pada beberapa koleksi

Jenama Fesyen Bandung Gandeng Artist Autism Membuat Desain ScraftIDN Times/Istimewa

Menurutnya, kolaborasi tersebut menghasilkan koleksi scarf Kanara Pesona Bunga Nusantara, koleksi scarf Kanara Pesona Senduduk, dan Kanara Pesona Bunga Krisan. Motif pada scarf Kanara Pesona Bunga Senduduk dan Kanara Pesona Bunga Krisan merupakan hasil lukisan karya Izzati.

"Guratan kuas yang khas dari Izzati diaplikasikan pada scarf berbahan Voal Premium Elzatta yang dikemas secara eksklusif," kata dia.

Bunga Senduduk yang dilukis Izzati ini merupakan flora identitas dari Nusa Tenggara Timur. Tanaman ini memiliki kelopak yang indah, dan menyimpan berbagai khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan hingga kecantikan.

Sementara itu, Bunga Krisan yang dilukis Izzati berasal dari bunga khas Kota Tomohon yang jarang tumbuh di daerah lain di Indonesia, bahkan dunia. Tanaman ini menjadi salah satu jenis bunga tanaman hias yang terkenal karena keindahannya yang memiliki berbagai varian warna, seperti putih, merah muda, oranye, ungu hingga kuning.

2. Anak berkebutuhan khusus pun bisa berkarya

Jenama Fesyen Bandung Gandeng Artist Autism Membuat Desain Scraftilustrasi memahami individu dengan autism spectrum disorder (freepik.com/queenmoonlitestudio)

Scarf Pesona Bunga Senduduk dan Krisan ini Elzatta persembahkan kepada seluruh Elzatta Fams dari teman spesial. Dengan hobi dan bakatnya dalam melukis, Izzati berhasil memberikan karya yang luar biasa sehingga kita jadikan sebuah produk spesial berupa scarf.

"Hal ini menjadi pembuktian bahwa teman-teman berkebutuhan khusus juga bisa berkarya dan mandiri," kata dia.

3. Kolaborasi ini jadi peluang kerja sama dengan teman spesial lainnya

Jenama Fesyen Bandung Gandeng Artist Autism Membuat Desain ScraftUnsplash.com/AnnaKolosyuk

Selain diluncurkan secara eksklusif di acara IN2MF, Elzatta x Teman Spesial akan mengadakan seminar di beberapa kota di Indonesia tentang kepedulian dan edukasi kepada masyarakat terhadap autisme. Event ini akan diadakan mulai dari tanggal 19 November hingga Desember 2023 di kota Bandung, Jakarta, Purwakarta, Solo, Purwokerto, dan Palembang.

Kolaborasi bersama Izzati ini merupakan bentuk dukungan Elzatta untuk teman-teman spesial. Elzatta berharap melalui kolaborasi ini, tercipta peluang-peluang yang lebih luas bagi para teman spesial dimanapun mereka berada.

Baca Juga: Delegasi 13 Negara Puji Inovasi dan Karya Penyandang Disabilitas RI 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya