Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam dan Sapi di Pasar Tradisional Naik

Disperindag Jabar juga pantau permainan harga di pasar

Bandung, IDN Times - Sejumlah kebutuan pokok diprediksi akan alami lonjakan harga tiga hari jelang perayaan Idul Fitri 2021. Hal ini wajar karena masyarakat berbondong-bondong mencari kebutuhan hari raya tersebut sehingga stok biasanya cepat habis.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga yang terlampau tinggi akibat permainan para pedagang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat telah meminta seluruh dinas perdagangan di 27 kabupaten/kota turun ke pasar secara berkala untuk memantau secara langsung bagaimana harga kebutuhan barang pokok.

"Upaya yang dilakukan adalah memantau harga dengan maksud agar stabilitas harga terjaga, memantau pasokan dan stok barang. Jangan sampai barangnya kurang," kata Kepala Disperindag Jabar M. Arifin Soedjayana melalui siaran pers, Senin (10/5/2021).

1. Seluruh pemangku kebijakan harus turun melakukan stimulus agar harga stabil

Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam dan Sapi di Pasar Tradisional Naikdok Human Pemkab Garut

Selain memantau harga, pasokan dan stok barang, kata Arifin, Pemda Provinsi Jabar berupaya secara intens memonitor perkembangan harga di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat dan melakukan stimulus. Salah satu stimulus yang dilakukan adalah mengecek langsung harga dan pasokan ke pasar-pasar dan toko swalayan.

"Dua atau tiga hari terakhir menjelang hari raya Idulfitri, kami akan mengajak gubernur Jabar, satgas pangan provinsi Jawa Barat dan tim pengendali inflasi daerah (TPID) Provinsi Jawa Barat untuk melakukan pengecekan langsung ke pasar-pasar rakyat. Ini dapat memberikan stimulus yang kuat agar harga mendekati kestabilan," ucapnya.

2. Daging sapi dan ayam broiler jadi komoditas yang harus dipatau setiap Idul Fitri

Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam dan Sapi di Pasar Tradisional NaikHarga Daging di Pasar Citeureup naik. (IDN Times/Rubiakto)

Arifin menuturkan, pihaknya bersama Bank Indonesia (BI) Jabar akan memberikan perhatian khusus untuk memantau harga daging sapi dan daging ayam broiler. Harga kedua komoditas tersebut memiliki kecenderungan melonjak menjelang Idulfitri.

"Jabar untuk produksi ayam broiler surplus. Tapi harga di pasar sering naik. Pedagang suka bilang setahun sekali. Jadi kita akan melakukan edukasi dan sosialisasi kepada pedagang," tuturnya.

"Ada program Pasar Juara. Pasar Juara ini tidak hanya dari fisik, tapi juga dari mental pedagang dan pengelola pasar, untuk menaikkan harga jangan terlalu tinggi," imbuhnya.

3. Baru gula pasir yang alami fluktuasi harga

Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam dan Sapi di Pasar Tradisional NaikIlustrasi UMKM. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Untuk saat ini, fluktuasi harga pangan hanya terjadi pada gula pasir. Harga rata-rata gula pasir hari ini berada di angka Rp 13.700 per kilogram. Sedangkan Harga Eceran Tertinggi (HET) adalah Rp 12.500.

"Karena konsumsi gula pasir menjelang hari raya Idulfitri konsumsinya tinggi yang mengakibatkan harga tinggi yaitu rata-rata sebesar Rp 13.700 per kilogram,.

Upaya Pemprov Jabar untuk stabilisasi harga gula pasir sesuai harga eceran tertinggi (HET), yaitu sebesar Rp 12.500, dilaksanakan operasi pasar dari distributor penugasan Kementerian Perdagangan RI selama 6 hari dari tanggal 4 Mei sampai dengan 9 Mei 2021 di 11 pasar Kota Bandung.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Berikan Bantuan 18 Ribu Sembako Kepada Pekerja

Baca Juga: Satgas Pangan Polda Temukan Puluhan Ribu Ton Gula Rafinasi di Gudang 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya