Jebol Dinding Sel Pengadilan, 7 Napi di Cianjur Kabur saat Persidangan

Mereka sedang jalani sidang di Pengadilan Negeri Cianjur

Bandung, IDN Times - Tujuh narapidana kabur saat tengah mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Cianjur. Informasi adanya narapidana yang kabur muncul di media sosial Instagram. Dari video yang diterima IDN Times, terlihat sejumlah anggota kepolisian dan pegawai di PN Cianjur tengah melakukan olah tempat kejadian peristiwa.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Jules Abraham Abast membenarkan mengenai informasi tersebut. Menurutnya, kejadian tersebut di saat para tahanan tengah melakukan persidangan.

"Saat sidang dakwaan," ujar Jules saat dihubungi.

Kasus ini, lanjutnya sedang ditangani Polres Cianjur dan PN Cianjur. Meski kasus terjadi di lingkungan PN, kepolisian tetap memberikan bantuan dan berkoordinasi untuk mencari para tahanan tersebut.

Terkait apakah para terdakwa masuk daftar pencarian orang (DPO), Jules memastikan itu belum dilakukan. Musababnya, ada aturan khusus ketika seseorang masuk dalam daftar DPO.

"Belum jadi DPO. Kita masih mencari, diburulah," kata Jules.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivas) Jabar Kusnali ikut membenarkan mengenai adanya tahanan yang kabur. Dari informasi yang diterimanya, para tahanan ini kabur setelah menjebol sel atau teralis yang ada di pengadilan negeri Cianjur.

"Dari informasi yang didapatkan seperti itu," ujar Kusnali.

Meski demikian, pihak Lapas Cianjur tidak bertanggungjawab atas kaburnya pada tahanan ini. Sebab para tahanan tersebut merupakan titipan dan masuk kategori A3.

Artinya, ketika mereka masuk atau keluar Lapas harus ada surat dari pihak berwenang baik kepolisian atau kejaksanaan. Setelah tahanan berada di luar Lapas itu merupakan tanggung jawab mereka, bukan pihak lapas.

"Jadi tahanan itu titipan. Nanti kita akan menerima lagi kalau memang sudah ditangkap dan akan ada serah terimanya. Mereka harus masuk lagi ke lapas dengan jumlag yang sama, lengkap, dalam keadaan sehat, dan aman," pungkasnya.

Baca Juga: Akhir Pelarian Napi Lapas Permisan, Tepergok di Hutan Bakau

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya