Jasa Marga Pastikan Akses Keluar Km 149 Tol Purbaleunyi Belum Dibuka

Isu pembukaan ini hoaks

Bandung, IDN Times - PT Jasa Marga memastikan akses pintu keluar tol di kilometer (Km) 149 Tol Purbaleunyi hingga saat ini belum bisa digunakan. Informasi mengenai adanya pengoperasian fungsional (sementara) pun tidak tepat.

1. Tunggu keputusan Kementerian PUPR

Jasa Marga Pastikan Akses Keluar Km 149 Tol Purbaleunyi Belum DibukaMenteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Sekjen PUPR Mohammad Zainal Fatah saat bertemu dengan Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Judith Nemeth Pach di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (22/06/2021). (Dok. Kementerian PUPR)

Senior General ManagerJasa Marga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati menuturkan, saat ini Jasa Marga masih melakukan koordinasi dan persiapan sebelum nantinya dapat dioperasikan fungsional (sementara) akses Km 149 Ruas Tol Padaleunyi berdasarkan persetujuan Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR.

"Jasa Marga juga akan terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk terus mendukung pemenuhan kelayakan operasional jalan akses km 149 Ruas Tol Padaleunyi tersebut sebelum nantinya diserahterimakan oleh Kementerian PUPR kepada Jasa Marga untuk dapat beroperasi secara penuh," kata Widiyatmiko melalui siaran pers dikutip IDN Times, Senin (24/7/202).

2. Pemkot berharap akses ini segera dibuka

Jasa Marga Pastikan Akses Keluar Km 149 Tol Purbaleunyi Belum DibukaIDN Times/Humas Bandung

Sementara itu, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna berahrap akses pintu tol 149 bisa segera dioperasikan. Ini bisa menjadi jalan alternatif untuk warga yang ingin ke Al-Jabbar atau GBLA. Permintaan agar akses ini segera diresmikan agar mempermudah jalan masuk ke kawasan ini sudah sering disuarakan, tapi hasilnya masih negatif.

Akses tersebut, lanjut Ema, merupakan kewenangan pemerintah pusat. Pembangunan infrastruktur pun harus bisa diselesaikan dulu karena memang belum rampung seutuhnya.

"Ini kan persoalan pusat, bahkan itu jalannya masih ngagantung (belum selesai). Harusnya itu tuntas sampai ke Jalan Soekarno Hatta. Ya itu kita sampaikan ke level pemerintah yang lebih tinggi, kalau itu jalan kita mah ya kita prioritaskan," papar Ema.

3. Sudah sempat direncankana dibuka akhir 2022

Jasa Marga Pastikan Akses Keluar Km 149 Tol Purbaleunyi Belum DibukaMasjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung (instagram.com/mulkisalman)

Tahun lalu, Ema sempat menyebut bahwa akses tol ini akan segera dibuka.  Meski menurut Ema proyek exit tol ini bukan hal yang mendesak, tapi kebermanfaatan jangka panjangnya akan sangat terasa oleh masyarakat. 

Terutama masyarakat Bandung yang ada disekitar Ujungberung, Cibiru, Arcamanik, Cibiru, dan Margahayu yang akan menuju ke Jakarta. 

"Saya punya keyakinan, penggunanya akan lebih banyak dari masyarakat di luar kawasan ini. Bisa jadi nanti banyaknya dari warga Cibiru, Ujungberung, Arcamanik, atau Margahayu," katanya.

"Maka, saya pikir ini sangat logis jika pembangunannya dipercepat dari yang tol existing sekarang ke exit tol Gedebage Selatan yang tersambung dengan perempatan Soekarno Hatta," paparnya. 

Namun, Ema menambahkan, ada beberapa kendala yang perlu dibenahi demi mempercepat aktivasi exit tol 149. Salah satunya adalah pembebasan lahan dan pelebaran jalan di Gedebage Selatan. 

Baca Juga: Tol Puncak Mau Dibangun, Bakal Nyambung dengan Tol Bocimi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya