Jangan Keliru, Ini Aturan Masuk Mal di Bandung Selama PPKM Darurat

Yuk diunduh dulu aplikasi Pedulilindungi

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung telah memberikan izin pada usaha mal untuk kembali membuka tempat usaha mereka. Bandung menjadi kota percontohan pembukaan mal bersama sejumlah daerah lainnya oleh pemerintah pusat.

IDN Times coba mengunjungi salah satu mal di Bandung untuk melihat bagimana tata cara masuk ke pusat perbelanjaan ini. Bagaimana keadaannya di sana?

1. Download dulu aplikasi Pedulilindungi

Jangan Keliru, Ini Aturan Masuk Mal di Bandung Selama PPKM DaruratIDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk masuk ke mal kita pertama-tama mesti mengunduh aplikasi pedulilindungi melalui aplikasi playstore atau appstore. Setelah itu kita harus mendaftarkan diri dengan mencantumkan nama juha email atau nomor telepon yang selama ini dipakai ketika ikut vaksinasi.

Kemudian, kita harus mendaftarkan diri menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) yang ada dalam kartu tanda kependudukan (KTP). Selain itu harus juga mengisi nama lengkap sesuai dengan nama di KTP.

2. Pindah kode batang saat akan masuk

Jangan Keliru, Ini Aturan Masuk Mal di Bandung Selama PPKM DaruratPetugas membantu pengunjung mal untuk memindai kode batang aplikasi Pedullindungi. IDN Times/Debbie Sutrisno

Usai mendaftar, ketika akan masuk kita harus memindai kode batang yang ada di pintu masuk mal. Saat pemindaian berhasil akan diketahui berapa jumlah pengunjung yang berada di mal dan maksimal jatah orang berada di mal.

Hal serupa harus dilakukan ketika kita keluar mal. Sebelum pintu keluar, terdapat kode batang yang juga harus dipindai. Ini sebagai penghitung bahwa pengunjung berkurang ketika kita keluar mal.

3. Bersyukur dengan adanya aturan ini

Jangan Keliru, Ini Aturan Masuk Mal di Bandung Selama PPKM DaruratMasyarakat mulai berbelanja di mal Bandung yang sudah buka. IDN Times/Debbie Sutrisno

Salah satu pengunjung mal, Teti (62 tahun), bersyukur dengan adanya peraturan ini. Sebab bisa dipastikan mereka yang masuk ke mal adalah orang yang sudah mendapatkan vaksinasi.

Hal seperti ini harus dilakukan agar penularan virus tidak kembali meningkat, tapi perekonomian termasuk di pusat perbelanjaan bisa kembali naik.

"Paling tidak ini cara untuk menjaga diri, upaya preventif kita lah," kata dia, ketika ditemui IDN Times, Rabu (11/8/2021)

Menurutnya, mengunduh aplikasi Pedulilindungi tidak sulit. Soalnya, jika kita mengalami kesulitan terhadap aplikasi tersebut, petugas di mal senantiasa membantu.

"Teknologi kami bagus karena orang yang sudah divaksin langsung terdata kan. Jadi yang belum tervaksin sudah pasti tidak bisa masuk mal," katanya.

Baca Juga: Sertifikat Vaksin Jadi Syarat Masuk Mal, Epidemiolog UI: Saya Dukung

Baca Juga: Kafe dan Restoran di Bandung Sudah Bisa Dine In, Tapi Hanya 20 Menit!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya