Jalan Asia Afrika Bandung akan Ditutup saat Momen Pergantian Tahun

Polisi lakukan pengawasan ekstra saat natal dan tahun baru

Bandung, IDN Times - Kepolisian akan menutup ruas jalan Asia Afrika, Kota Bandung pada momen pergantian tahun. Rencananya di kawasan ini bakal diselenggarakan Car Free Night sehingga tidak diperbolehkan ada kendaraan yang melintas.

"Nanti akan kita lakukan rencananya Car Free Night, pada saat nanti menjelang malam hari, sekitar jam 18.30, akan kami tutup ruas Jalan di Asia Afrika, tidak semuanya ya, tapi sebagian besar Jalan Asia Afrika," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung, Jumat (23/12/2022).

Kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Bandung pun tidak menyediakan kantung parkir. Sehingga masyarakat yang membawa kendaraan pribadi diharap bisa memarkirkannya di mall atau gedung yang ada di sekitar Asia Afrika.

1. Alihkan arus lalin di jembatan layang Muchtar Kusumaatmadja

Jalan Asia Afrika Bandung akan Ditutup saat Momen Pergantian TahunDinas Humas Setda Kota Bandung

Selain melakukan penutupan di Jalan Asia Afrika, polisi juga bakal melakukan pengalihan arus lalu lintas di Jalan Layang Prof. Muchtar Kusumaatmadja bila telah terjadi kepadatan. Diketahui, ruas jalan itu sering kali dijadikan sebagai tempat berkumpul warga dalam menyambut pergantian tahun.

"Pengalihan arus ada, nanti di Jalan Layang Muchtar Kusumaatmadja, pada jam 00.00 WIB tahun baru, akan ada pengalihan arus," ujar Aswin

Aswin pun mengimbau pada warga agar tak berhenti di sekitar Jalan Layang Prof. Muchtar Kusumaatmadja saat momen pergantian tahun untuk mencegah terjadi kepadatan arus lalu lintas.

"Kita menginginkan mobil kendaraan di bandung itu semuanya berjalan, tidak ada yang berhenti atau stuck, sampai crowded," tandas dia.

2. Tindak tegas penjahat di momen tahun baru

Jalan Asia Afrika Bandung akan Ditutup saat Momen Pergantian TahunIDN Times/Istimewa

Di sisi lain, Aswin memastikan tak memberi ruang bagi para pelaku kejahatan jalanan yang hendak beraksi di Kota Bandung saat momen pergantian tahun. Polisi bakal memberi tindakan tegas apabila ada pelaku kejahatan yang nekat beraksi.

"Pasti (tidak akan diberi ruang). Apabila terjadi, akan kita ungkap," kata dia di Mapolrestabes Bandung pada Kamis (22/12).

Aswin pun menambahkan, pihaknya bakal melakukan langkah pencegahan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan jalanan dengan menyebar polisi yang berjaga di Pos Pengamanan ke titik-titik keramaian guna mengingatkan warga yang membawa perhiasan ketika bepergian.

"Kemudian kita patroli skala besar dan kita patroli di tempat hiburan keramaian, tempat ibadah di gereja agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," ucap dia.

3. Tempatkan aparat di berbagai titik krusial

Jalan Asia Afrika Bandung akan Ditutup saat Momen Pergantian TahunUmat muslim melaksanakan shalat Idul Adha di alun-alun Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.

Adapun dalam melakukan pengamanan, Polrestabes Bandung bakal mengerahkan personelnya. Mereka akan ditempatkan di berbagai titik sejak tanggal 23 Desember hingga 2 Januari. Diharapkan, pengamanan yang dilakukan dapat membuat masyarakat nyaman dan aman ketika merayakan momen pergantian tahun.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya