JaFest 2021: Optimistis Ekonomi Jabar Tumbuh Lewat UMKM dan Pariwisata

Jabar Culture 

Bandung, IDN Times - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi langkah alumni perguruan tinggi di Jawa Barat (Jabar) bersama pemerintah provinsi dalam menggeliatkan kembali perekonomian melalui gelaran Jabar Culture and Tourism Festival (JaFest) 2021. Kegiatan ini bisa menjadi pemantik sektor ekonomi tumbuh lebih cepat di tengah upaya pemerintah menanggulangi dampak pandemik COVID-19.

Teten menuturkan gagasan untuk mengadakan Jafest merupakan hal baik untuk bersama-sama menggerakkan perekonomian daerah dan nasional. Di saat pemerintah gencar melakukan vaksinasi, maka gerakan seperti ini bisa memberikan secercah harapan masyarakat bangkit dari keterpurukan ekonomi.

"Kegiatan yang menggabungkan UMKM dan pariwisata ini bisa bagus untuk ekonomi karena selama ini dua sektor itu paling cepat dalam pemulihan," ujar Teten dalam pembukaan JaFest 2021 di Gedung Sate, Minggu (21/3/2021).

1. Manfaatkan platform digital

JaFest 2021: Optimistis Ekonomi Jabar Tumbuh Lewat UMKM dan PariwisataIlustrasi e-commerce. IDN Times/Helmi Shemi

Teten juga meminta agar pihak Jafest mendorong pelaku UMKM untuk bisa memanfaatkan platform digital dalam menjual barangnya.Saat ini baru ada 12 juta pelaku UMKM yang masuk dalam ekosistem tersebut.

Angka ini masih minim melihat jumlah UMKM di Indonesia sangat banyak. "Kita ingin mendorong agar UMKM dan UKM bisa masuk untuk platform digital khususnya yang ada di daerah," papar Teten.

Dia menyebut, saat ini pemerintah juga coba mendorong pelaku usaha untuk masuk dalam platform seperti Alibaba dan Amazon. Sehingga produk dari Indonesia semakin dikenal masyarakat luar negeri dan membuat pangsa ekspor kian tumbuh.

2. JaFest 2021 targetkan perputaran uang sampai Rp10 miliar

JaFest 2021: Optimistis Ekonomi Jabar Tumbuh Lewat UMKM dan PariwisataIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Ketua Umum IKA UNPAD Irawati Hermawan mengatakan, JaFest 2021 diselenggarakan pada Maret 2021 dengan menggunakan sarana digital maupun secara luring. Sebagai upaya untuk menggairahkan ekonomi kreatif dan UMKM, sepanjang lima hari penyelenggaraan, akan diadakan digital expo Ekonomi Kreatif dan UMKM, dimana lebih dari 500 pelaku ekonomi kreatif, start up dan UMKM akan turut serta.

“Kami sudah mengkurasi sekitar 500 pelaku ekonomi kreatif, umkm, hingga start up, nantinya yang akan kita tampilkan secara digital dalam digital platform. Kami berharap ada transaksi ekonomi Rp5 miliar hingga Rp10 miliar sepanjang acara berlangsung,” kata Irawati.

Dia menuturkan, penyelenggaraan kegiatan JaFest 2021 akan diselenggarakan di lima daerah yaitu, Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Garut.

3. Wisata budaya pun akan dipentaskan

JaFest 2021: Optimistis Ekonomi Jabar Tumbuh Lewat UMKM dan Pariwisataantarafoto

Irawati menuturkan, pembukaan akan dilakukan di Garut. Kegiatan di sana yakni peninjauan desa wisata di beberapa wilayah. Sementara di Kabupaten Cirebon mengusung kegiatan dialog peradaban yang akan dilakukan di Kereta Wisata dari Bandung ke Cirebon, yang juga akan disiarkan secara luas melalui platform digital.

Sementara di Depok, nantinya JaFest 2021 akan menghadirkan kegiatan yang tidak hanya memperlihatkan kebudayaan Sunda. Di kota tersebut akan diselenggarakan kegiatan yang menghadirkan kuliner dan budaya Betawi.

"Itu sebagai apresiasi bahwa di Jabar ini tidak hanya ada budaya sunda tapi ada juga budaya lainnya, seperti Betawi," papar Irawati.

4. JaFest sesuai denga visi misi Jabar Juara

JaFest 2021: Optimistis Ekonomi Jabar Tumbuh Lewat UMKM dan PariwisataGubernur Jabar Ridwan Kamil. IDN Times/Debbie Sutrisno

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang memberikan sambutan secara daring menyambut baik kolaborasi dalam penyelenggaraan JaFest 2021. Menurut dia, hal ini sesuai dengan visi misi Jabar juara lahir batin.

“Melalui inovasi dan kolaborasi, dan mudah-mudahan pariwisata dan budaya sebagai keunggulan identitas jabar akan terus kita dukung, dan pariwisata menjadi ekonomi terdepan dalam pemulihan ekonomi pasca covid-19,” terang dia.

“Saya ucapkan terimakasih kepada panitia Jafest 2021, dan mudah-mudahan sukses, dan mendorong pemulihan ekonomi Jabar, dan tentunya sekali lagi saya ucapkan terimakasih, selalu bersatu, karena kebersamaan lahirlah kesuksesan,” pungkasnya.

Baca Juga: Info Wisata Danau dan Candi Cangkuang Garut, Wisata Alam Bersejarah

Baca Juga: Kegiatan UMKM Menurun di Kuartal IV-2020, Pelaku UMKM Tetap Optimistis

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya