Jadi Calon Ketum PSSI, Erick Thohir Pernah 10 Tahun di PT Persib

Erick bukanlah sosok baru dalam persepakbolaan Indonesia

Bandung, IDN Times - PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) menjadi salah satu pihak yang memberikan dukungan pada Erick Thohir maju dalam pemilihan calon ketua umum (Ketum) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI). Saat mengajukan diri terlihat Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono ikut serta mendampingi Erick.

Teddy pun memastikan bahwa Erick bukanlah orang baru dalam persepakbolaan Indonesia. Dia sempat masuk dalam jajaran manajemen PT PBB.

"Ada beberapa pertanyaan dari media soal kapasitas Pak Erick Thohir dan rekam jejaknya. Kita pastikan, beliau memang bagian dari PERSIB sejak 2009 sampai 2019," kata Teddy melalui siaran pers, Selasa (7/2/2023).

1. Erick duduk sebagai Wakil Komisaris Utama

Jadi Calon Ketum PSSI, Erick Thohir Pernah 10 Tahun di PT PersibKantor Graha Persib Bandung. IDN Times/Istimewa

Ia mengatakan, hampir selama 10 tahun tersebut, Erick Thohir merupakan Wakil Komisaris Utama PT PERSIB Bandung Bermartabat sampai ia dipercaya menjadi Menteri BUMN.

"Jadi rekam jejaknya memang ada sesuai legalitas di PT PBB. Jadi, berita di luar soal rekam jejaknya aspal, itu tidak benar. Bukan hanya nama, Pak Erick Thohir juga aktif di PT PBB," ujar Teddy.

2. Berperan dalam pembentukan akademi Persib

Jadi Calon Ketum PSSI, Erick Thohir Pernah 10 Tahun di PT PersibIDN Times/Debbie Sutrisno

Teddy mencontohkan, Erick Thohir merupakan sosok yang paling berperan mengurusi pembentukan Akademi Persib yang bekerja sama dengan Inter Milan, klub Italia yang pernah dimilikinya, termasuk mendatangkan legenda klub tersebut, Javier Zanetti dan instruktur pelatihnya.

"Beliau juga yang memfasilitasi keberangkatan Pak Djadjang Nurdjaman untuk belajar ilmu kepelatihan di Inter Milan selama empat bulan," katanya.

3. Aktif menjalin komunikasi dengan tim luar negeri

Jadi Calon Ketum PSSI, Erick Thohir Pernah 10 Tahun di PT PersibErick Thohir saat datang ke Kantor PSSI, Minggu (15/1/2023). (IDN Times/Tino).

Selain itu, tegas Teddy, Erick Thohir juga berperan besar mengurusi kedatangan sejumlah tim dari luar negeri yang beruji tanding dengan Persib seperti Ajax Amsterdam (Belanda) dan DC United.

"Itu adalah beberapa bukti bahwa dia hadir dan aktif di Persib sampai kemudian diangkat menjadi Menteri BUMN pada tahun 2019," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya