Ini Tiga Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Jabar pada 2021 

Ikuti program prakerja agar lebih mudah bekerja dan berusaha

Bandung, IDN Times - Provinsi Jawa Barat mendapatkan jatah 326.261 kartu prakerja untuk 2021. Dalam program itu, setiap peserta bisa memilih jenis pelatihan sesuai minat, dan hasilnya akan diberikan dalam bentuk sertifikat kompetensi.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, ada tiga profesi yang sangat dibutuhkan di Provinsi Jabar saat ini. Satu di antaranya yaitu terkait dengan bisnis pangan.

"Jadi ada tiga jenis usaha (profesi) yang tidak terdampak COVID-19, jadi umpamanya kita di bisnis ini tidak terdampak pandemi, yaitu ketahanan pangan. Kita juga memiliki program Petani Milenial," ujar Setiawan dalam JAPRI Kartu Prakerja di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/4/2021).

1. Sistem teknologi informasi juga penting

Ini Tiga Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Jabar pada 2021 tugassekolah.com

Kemudian pekerjaan yang kedua paling banyak dibutuhkan adalah sektor teknologi informasi (IT). Dan yang ketiga adalah jasa pendidikan yang juga tidak terdampak.

"Jasa pendidikan juga tidak terdampak COVID-19," katanya.

Setiawan mengusulkan, agar pelatihan pra kerja ini bisa diarahkan kepada jenis-jenis kebutuhan tenaga kerja di Indonesia. "Usulan saja, kalau di Jabar sudah bagus on demand aplikasi ini, bagus tapi barangkali ada ruang, saat program ini dijalankan di Jabar, bisa diarahkan ke apa yang dibutuhkan di Jabar," ucapnya.

2. Peserta prakerja bisa mencoba lama Jawara.id untuk ikuti peminatan

Ini Tiga Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Jabar pada 2021 Ilustrasi kartu Prakerja (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat (Disnakertrans Jabar) Taufik Garsadi mengatakan, sebaiknya calon peserta bisa mengakses situs Jawara.id yang dibuat oleh Pemprov Jabar. DI dalam aplikasi itu, peminatan dan bakat dari calon peserta akan teridentifikasi.

"Yang paling penting itu masyarakat bisa mendapatkan informasi yang utuh," katanya.

3. Penjualan dan pemasaran paling banyak dikuti warga Jabar dalam prakerja selama 2020

Ini Tiga Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Jabar pada 2021 instagram

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Deni Puspa Purbasari  mengatakan, pada tahun 2020, pelatihan yang paling banyak diminati oleh warga Jabar yakni penjualan dan pemasaran; gaya hidup seperti merias, menjahit, menjadi Youtuber dan pelatihan membuat makanan dan minuman.

"Jadi kalau rata-rata jumlah pelatihan di Jabar 1-2 pelatihan, dari uang satu juta yang diberikan untuk biaya pelatihan, yang paling banyak lebih dari lima pelatihan yang diikuti," ujar Deni.

Deni mengatakan, tahun ini pemerintah mengalokasikan 2,7 kartu prakerja untuk seluruh warga Indonesia di kurtal pertama 2021.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Pengusaha di Jabar Bayar Lunas THR Tahun Ini 

Baca Juga: Ridwan Kamil: Proyek Bukit Algoritma Sukabumi Jangan Hanya Gimmick

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya