Ini Kisaran Biaya Masuk ITB, Unpad, dan UPI Lewat Seleksi Mandiri 2023

Kalian pilih kampus mana nih?

Bandung, IDN Times - Lolos dan terdaftar di kampus negeri menjadi impian banyak calon mahasiswa yang telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Sayangnya, tidak semua calon mahasiswa bisa lolos ke perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur ini. Selain jumlahnya yang terbatas, setiap kampus pun memiliki presentase sendiri dalam memberikan kuota bagi mahasiswa baru. Selain lewat saringan bersama tersebut, calon mahasiswa pun bisa masuk ke PTN pilihannya lewat jalur mandiri yang memang disiapkan setiap kampus.

Di Bandung, setidaknya ada tiga kampus negeri yang menjadi favorit calon mahasiswa, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Lalu bagaimana untuk bisa masuk ke kampus ini lewat jalur mandiri? Berikut tata cara dan besaran biaya yang harus kita siapkan ketika ingin masuk ke kampus tersebut.

1. Siapkan dana minimal Rp25 juta untuk masuk ITB

Ini Kisaran Biaya Masuk ITB, Unpad, dan UPI Lewat Seleksi Mandiri 2023Ilustrasi kampus ITB. fedu.uec.ac.jp

Mengutip laman itb.ac.id, memberi kesempatan lebih luas bagi siswa lulusan SMA baik WNI maupun WNA untuk mengikuti pendidikan program sarjana di Institut Teknologi Bandung. Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) diprogramkan sebagai jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang akan berjalan tanpa subsidi biaya.

Mahasiswa yang diterima di ITB melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) bertanggung jawab untuk membiayai secara penuh pendidikan program sarjananya di ITB. ITB tidak memberikan subsidi biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Meski demikian, proses penerimaan SM-ITB tetap menggunakan kriteria kemampuan akademik yang tinggi sebagai satu-satunya kriteria kelulusan seleksi.

Pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) peserta dapat memilih seluruh Fakultas/Sekolah yang ada di ITB, kecuali Fakultas/Sekolah yang berlokasi di ITB Kampus Cirebon. Calon mahasiswa dapat memilih paling banyak 4 pilihan Fakultas/Sekolah yang diminati. Namun demikian, terdapat 9 program studi yang dapat dipilih secara langsung oleh peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) melalui program SM-Peminatan, yaitu:

. Teknik Geofisika (FTTM-G)
. Teknik Kimia (FTI-G)
. Teknik Fisika (FTI-G)
. Manajemen Rekayasa (FTI-G)
. Teknik Pangan (FTI-J)
. Teknik Material (FTMD)
. Perencanaan Wilayah dan Kota (SAPPK-G)
. Kewirausahaan (SBM)
. Desain Komunikasi Visual – Narasi Visual Digital Kelas Jatinangor (FSRD-G)

Selain dari program studi yang ditawarkan padar program SM-Peminatan, calon mahasiswa juga dapat memilih Program Studi Strategis Nasional pada pelaksanaan SM-ITB 2023. Program Studi Strategis Nasional yang dapat dipilih adalah sebagai berikut:

Program studi strategis dukungan ketahanan Industri Dasar Nasional

Astronomi (FMIPA-IPA)
Fisika (FMIPA-IPA)
Kimia (FMIPA-IPA)

Program studi strategis dukungan ketahanan Pangan, Bencana, dan Perubahan Iklim

Rekayasa Pertanian (SITH-R)
Rekayasa Kehutanan (SITH-R)
Teknologi Pasca Panen (SITH-R)
Meteorologi (FITB-G)
Oseanografi (FITB-G)Teknik Bioenergi dan Kemurgi (FTI-J)

ITB juga menawarkan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika - Komputasi (STEI-K) Kelas Jatinangor pada program SM-Peminatan.

Untuk biaya uang kuliah tunggal (UKT) berbeda-beda setiap jurusan. Termasuk dengan iuran pengembangan institusi (IPI) dibayarkan satu kali pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB. Nominal IPI yang harus dibayarkan untuk masuk ITB adalah Rp25 juta. Sementara untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) nominalnya lebih tinggi, yaitu Rp40 juta.

Pendaftaran SM ITB dilakukan secara daring dari 1-23 Juni. Kemudian ada ujian seleksi (daring) pada 26 Juni, dan pengumuman kelulusan pada 11 Juli.

2. Biaya iuran pengembangan di UNPAD termurah Rp15 juta, termahal Rp195 juta

Ini Kisaran Biaya Masuk ITB, Unpad, dan UPI Lewat Seleksi Mandiri 2023Fasilitas kampus UNPAD (unpad.ac.id)

Kesempatan masuk Universitas Padjadjaran melalui Jalur Mandiri jenjang Sarjana dan Sarjana Terapan masih terbuka. Universitas Padjadjaran masih membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa jalur mandiri melalui tiga skema jalur, yaitu skema nilai ujian UTBK atau SMUP, Jalur Prestasi, dan Jalur S-1 Kelas Internasional.

“Seleksi mandiri Unpad secara garis besar terdiri dari tiga jalur masuk dimana peserta boleh mendaftar beberapa jalur masuk secara bersamaan. Jadi silakan mendaftar di dua jalur, tiga jalur, atau hanya di satu jalur. Silakan,” ujar Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, M.Sc., PhD melalui siaran pers dikutip, Jumat (2/6/2023).

Anas menjelaskan, untuk jalur ujian UTBK atau SMUP, peserta hanya diperbolehkan memilih salah satu skema yang ada, yaitu skema UTBK atau skema SMUP. Skema ini diperuntukkan bagi pendaftar Sarjana (S-1) atau Sarjana Terapan (D-IV).

Anas menjelaskan bahwa skema UTBK menggunakan nilai SNBT 2023 untuk mendaftar ke jalur Sarjana atau Sarjana Terapan. Pendaftar di skema ini tidak perlu mengikuti ujian lagi. Sementara skema SMUP menggunakan nilai ujian SMUP 2023 untuk pendaftaran ke jalur Sarjana maupun Sarjana Terapan. Pendaftar di skema ini diharuskan mengikuti ujian secara daring sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

“Ujian SMUP hanya kita laksanakan sekali yang hasil tesnya itu bisa digunakan untuk mendaftar, baik ke Sarjana S1 maupun Sarjana Terapan,” jelas Anas.

Menurutnya, soal ujian SMUP akan sepadan dengan ujian UTBK. Ujian ini berupa Tes Kemampuan Belajar, penalaran matematika, literasi bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia. Ujian SMUP akan dilaksanakan pada 8-10 Juli 2023 mendatang. Pendaftar pun diharapkan terus memantau informasi penting mengenai pelaksanaan ujian ini.

“Nanti ada simulasi dan informasi penting mengenai pelaksanaan ujian,” tutur Anas. Lebih lanjut Anas mengungkapkan bahwa kriteria kelulusan adalah berdasarkan nilai tertinggi sesuai kuota atau daya tampung setiap prodi. Sementara untuk jalur prestasi, penilaian berdasarkan nilai UTBK atau SMUP dan sertifikat prestasi. Pendaftaran dilakukan secara daring dan akan dilakukan verifikasi dokumen secara daring maupun luring.

Mengutip laman https://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/, untuk biaya IPI di calon mahasiswa baru Unpad yang masuk lewat jalur ini berada di angka Rp15 juta untuk jurusan Sosiologi dan sebagian sastra. Sementara IPI termahal masih dipegang jurusan kedokteran mencapai Rp195 juta.

3. Kalau kampus UPI, dana yang harus disipakan di kisaran Rp19 juta sampai Rp30 juta

Ini Kisaran Biaya Masuk ITB, Unpad, dan UPI Lewat Seleksi Mandiri 2023quipper.com

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membuka Seleksi Mandiri Reguler (SM UPI) tahun 2023 khusus jenjang S1. Seleksi Mandiri UPI dibuka untuk memfasilitasi masih banyaknya calon mahasiswa yang berpotensi tinggi tapi belum dapat lulus pada seleksi nasional.

Melalui Seleksi Mandiri di UPI tahun 2023, diharapkan calon mahasiswa yang berpotensi tinggi tersebut dapat mengapai cita-citanya dan berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya dalam bidang pendidikan. Baca juga: 6 Jalur Mandiri PTN 2023 Tanpa Uang Pangkal: UGM, UI, ITS, hingga UIN Dilansir dari laman UPI, persyaratan mengikuti SM UPI 2023 adalah lulusan SMA tahun 2021, 2022, dan 2023.

Pendaftar SM UPI dapat memilih 2 Program Studi pada kelompok bidang minat yang sama maupun berbeda, yakni Bidang Minat Kependidikan dan/atau Non-Kependidikan. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman https://pmb.upi.edu dan uang yang sudah disetor ke bank tidak dapat diminta kembali. Nantinya setiap pendaftar hanya diberikan satu kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran secara daring (online).

Untuk Biaya Pendaftaran Biaya pendaftaran SM UPI 2023 adalah sebesar Rp350 ribu. Jadwal Pendaftaran Seleksi Mandiri UPI 2023 Pendaftaran dan pengambilan nomor bayar dilakukan secara daring (online): 16 Mei – 30 Juni 2023.

Pembayaran Biaya Pendaftaran: 16 Mei 2023 - 30 Juni 2023, pukul 15.00 WIB. Sementara, peserta bisa mengecek informasi lebih lanjut mengenai materi ujian, portofolio, dan jadwal tes per jurusan Seleksi Mandiri UPI 2023 pada laman pmb.upi.ac.id.

Untuk biaya perkuliahan di UPI yang masuk lewat jalur SM, pihak kampus mematok dana sebesar Rp18 juta-an paling kecil dan paling tinggi mencapai Rp30 juta-an.

Baca Juga: 8.669 Peserta akan Ikuti UTBK Gelombang Kedua di ITB

Baca Juga: Mohammad Naufal Hasqi, Berjuang UTBK meski Alami Komplikasi Jantung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya