Ini 14 Nama Bakal Calon Rektor Unpad Periode 2024-2029 

Awalnya ada 16 pendaftar bakal calon

Bandung, IDN Times - Universitas Padjadjaran (Unpad) tengah mencari rektor baru untuk perideo 2024-2029. Saat ini sudah ada 14 nama yang siap bersaing memperebutkan kursi rektor.

Ketua P3R Unpad Duta Besar Nadjib Riphat Kesoema mengatakan, proses penjaringan merupakan tahap pertama Pemilihan Rektor Unpad berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Pada tahap ini, ada 16 berkas pendaftaran yang masuk ke panitia, di mana14 pendaftar dari lingkungan Unpad serta dua pendaftar dari luar Unpad.

"Dari 16 pendaftar tersebut, panitia telah melakukan verifikasi berkas dan kemudian dibahas dalam rapat pleno tertutup. Dari hasil rapat pleno tertutup, sebanyak 14 pendaftar dinyatakan lolos verifikasi sebagai Bakal Calon Rektor Unpad," kata Nadjib, Jumat (3/5/2024).

Setelah diumumkan, para bakal calon rektor (bacarek) tersebut diundi untuk menentukan nomor urut. Adapun tahap selanjutnya dari proses Pemilihan Rektor Unpad adalah tahap penyaringan. Tahap penyaringan yang digelar pada 6–28 Juni 2024 ini dilakukan untuk menyaring bacarek Unpad menjadi 3 calon rektor.

1. Rektor baru harus bisa tingkatkan reputasi Unpad secara global

Ini 14 Nama Bakal Calon Rektor Unpad Periode 2024-2029 IDN Times/Istimewa

Majelis Wali Amanat Unpad Dr. Arief Yahya menjelaskan, proses pemilihan rektor Unpad dilakukan untuk memilih sosok terbaik yang memiliki kualifikasi berimbang sebagai academic leader dan business leader.

Untuk menentukan academic leader, MWA melakukan seleksi dengan enam indikator kualifikasi. Proyeksi dari kualifikasi ini adalah meningkatkan reputasi Unpad dalam pemeringkatan perguruan tinggi global, sementara penilaian business leader dilakukan melalui asesmen berdasarkan 11 dimensi.

“Rektor Unpad yang akan datang harus balance antara academic leader dan business leader. Jadi harus melakukan transformasi digital dan akselerasi investasi,” kata Arief.

2. Berikut 14 bakal calon rektor unpad sesuai nomor urut pengundian

Ini 14 Nama Bakal Calon Rektor Unpad Periode 2024-2029 IDN Times/Istimewa

1. Prof. Dr. apt. Keri Lestari, M.Si;
2. Prof. Dr. Diana Sari, M.Mgt., Ph.D;
3. Prof. Dr. med. Setiawan, dr., AIFM;
4. Dr. Arip Rahman Sudrajat;
5. Dr. Asep Mulyana, S.E., Dipl.Koop.Oek;
6. Dr. Idris, S.H., M.A;
7. Prof. dr. Arief S. Kartasasmita, SpM(K)., Mkes. PhD;
8. Prof. Dr. Ace Tatang Hidayat, M.Si., M.M;
9. Prof. Popy Rufaidah, S.E., MBA, Ph.D;
10. Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc;
11. Prof. Dr. Iman Rahayu, M.Si;
12. Prof. Dr. sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, M.Si;
13. Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, M.AIR., Ph.D;
14. Prof. Dr. H. Nandang Alamsah Deliarnoor, S.H., S.A.P., M.Hum.

3. Ini profil singkat para bakal calon

Ini 14 Nama Bakal Calon Rektor Unpad Periode 2024-2029 Universitas Padjajaran (unpad.ac.id)

Adapun profil singkat Bakal Calon Rektor Unpad 2024-2029 berdasarkan nomor urut pengundian adalah sebagai berikut:

Prof. Dr. apt. Keri Lestari, M.Si.

Prof. Keri merupakan Guru Besar Fakultas Farmasi Unpad. Lahir pada 27 April 1969, jabatan Prof. Keri saat ini adalah Ketua Komisi I Senat Akademik Unpad 2020-2025. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Institut Pembangunan Jawa Barat dan Wakil Rektor Bidang Riset, PPM, Kerja Sama, Inovasi dan Korporasi Akademik Unpad 2015-2020.

Prof. Dr. Diana Sari, S.E., M.Mgt., Ph.D.

Prof. Diana Sari merupakan Guru Besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Lahir pada 11 September 1971, jabatan saat ini adalah Direktur Badan Pengelola Usaha Komersial dan Investasi Unpad sejak 2022. Sebelumnya, Prof. Diana juga pernah menjabat sebagai Direktur Pusat Inkubasi Bisnis/Oorange Unpad dan Direktur Sumber Daya Manusia Unpad.

Prof. Dr. med. Setiawan, dr., AIFM.

Prof. Setiawan merupakan Guru Besar Fakultas Kedokteran Unpad. Lahir pada 25 Januari 1971, jabatan saat ini adalah Dekan Sekolah Pascasarjana Unpad. Sebelumnya, Prof. Setiawan pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran dan Wakil Rektor Bidang PPM, Kerja Sama, Sistem Informasi dan Komunikasi Unpad 2012-2016.

Dr. Arip Rahman Sudrajat

Dr. Arip Rahman Sudrajat merupakan dosen di Universitas Sebelas April, Sumedang. Lahir pada 18 November 1984, jabatan saat ini adalah Wakil Rektor I Universitas Sebelas April. Ia juga merupakan alumnus Program Doktor Ilmu Administrasi Publik Unpad tahun 2022.

Dr. Asep Mulyana, A.Md.TK., S.E., Dipl.Koop.Oek.

Dr. Asep Mulyana merupakan dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Lahir pada 9 Februari 1971, jabatan saat ini adalah Ketua Program Studi Magister Manajemen FEB Unpad. Sebelumnya, Asep pernah menjabat Ketua Pusat Inkubator Bisnis Unpad.

Dr. Idris, S.H., M.A.

Dr. Idris merupakan dosen di Fakultas Hukum Unpad. Lahir pada 10 November 1968, Idris pernah menjabat sebagai Dekan FH Unpad periode 2020-2024.

Prof. dr. Arief S. Kartasasmita, SpM(K)., Mkes. PhD.

Prof. Arief S. Kartasasmita merupakan Guru Besar Fakultas Kedokteran Unpad. Lahir pada 27 Juli 1970, jabatan saat ini adalah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad. Prof. Arief juga pernah menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi Unpad 2015-2020.

Prof. Dr. Ace Tatang Hidayat, M.Si., M.M.

Prof. Ace Tatang Hidayat merupakan Guru Besar Fakultas MIPA Unpad. Lahir pada 28 Desember 1967, saat ini Prof. Ace aktif sebagai Tenaga Ahli Khusus Bidang Pengembangan Fasilitas Kampus Unpad Menuju World Class University 2024.

Prof. Popy Rufaidah, S.E., MBA, Ph.D.

Prof. Popy Rufaidah merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Lahir pada 7 Agustus 1967, jabatan saat ini adalah Ketua Unpad BUMN Center of Excellence Unpad. Sebelumnya, Prof. Popy pernah menjabat sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC.

Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc.

Prof. Hendarmawan merupakan Guru Besar Fakultas Teknik Geologi Unpad. Lahir pada 18 Januari 1967, jabatan saat ini adalah Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad. Sebelumnya, Prof. Hendarmawan pernah menjabat sebagai Dekan Sekolah Pascasarjana dan Dekan Fakultas Teknik Geologi.

Prof. Dr. Iman Rahayu, M.Si.

Prof. Iman Rahayu merupakan Guru Besar Fakultas MIPA Unpad. Lahir pada 8 Februari 1969, jabatan saat ini adalah Dekan FMIPA Unpad. Sebelumnya, Prof. Iman pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Kimia FMIPA Unpad dan Kepala Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS) Unpad.

Prof. Dr. sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si.

Prof. Yudi Nurul Ihsan merupakan Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad. Lahir pada 1 Desember 1975, jabatan saat ini adalah Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad.

Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, MAIR., Ph.D.

Prof. Yanyan M. Yani merupakan Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpad. Lahir pada Lahir pada 5 Oktober 1966, jabatan saat ini adalah Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad. Sebelumnya, Prof. Yanyan pernah menjabat sebagai Kepala Pusdi KLN dan Diplomasi serta Ketua Program Studi Magister Hubungan Internasional.

Prof. Dr. H. Nandang Alamsah Deliarnoor, S.H., S.A.P., M.Hum.

Prof. Nandang Alamsah Deliarnoor merupakan Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpad. Lahir pada 15 Desember 1967, jabatan saat ini adalah Ketua Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Unpad. Sebelumnya, Prof. Nandang pernah menjabat sebagai Kepala UPT Kearsipan Unpad.*

Baca Juga: Pengamat Unpad: Putusan MK Memastikan Prabowo-Gibran Sah Jadi Presiden

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya