Ini 10 Proyek Strategis Pemprov Jabar untuk Investor di WJIS 2023

Capaian investasi di Jabar sangat memuaskan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat kembali menggelar West Java Investment Summit (WJIS) 2023. Event promosi tahun kelima kali ini mengusung tema Invest in Sustainable Growth dan digelar di Mansion Pine Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/8/2023).

WJIS 2023 berfokus pada promosi proyek investasi pada sektor industri hilir, energi baru terbarukan, pendidikan vokasi dan area investasi baru yang potensial di Jawa Barat. Tidak hanya ditujukkan untuk mengakselerasi pertumbuhan nilai investasi, kegiatan ini juga coba meningkatkan kualitas investasi yang berdampak luas kepada masyarakat melalui peningkatan daya saing, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, pemberdayaan UMKM, dan pelestarian lingkungan.  

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sebagai destinasi utama investasi di Indonesia, Jawa Barat turut didukung dengan iklim investasi yang kondusif, konektivitas infrastruktur yang baik, produktivitas tenaga kerja yang tinggi, potensi pasar yang luas serta peluang rantai pasok yang melimpah.

Dalam WJIS 2023, setidaknya terdapat 10 proyek senilai total lebih dari Rp70 triliun yang akan dipromosikan dalam gelaran WJIS 2023.

"Nikel ada di Sulawesi, pabriknya ada di Jabar. Jangan jual mentah ke luar negeri, makanya hilirisasi produk dilakukan di Jabar, pabrik baterai di kawasan Rebana. Nilainya bakal naik delapan hingga sembilan kali lipat dan bakal menyerap ribuan tenaga kerja. Nanti juga akan dibangun pabrik kendaraan listrik di Jabar," kata Emil dalam pembukaan WJIS 2023, Rabu (9/8/2023). 

Adapun Kesepuluh proyek tersebut diantaranya proyek Special Economic Zone of LIDO, Electric Motorcycle Industry for Electric Vehicles Component Industries of Motor Vehicle’s Brake System and Suspension System, Airplane Tire Industry from Natural Rubber, Paracetamol, Clopidogrel and Amoxicillin Medicine Raw Material Industry, Metropolitan Bandung Railway, Geothermal Working Area Tangkuban Perahu, Geothermal Working Area Cisolok Cisukarame, Startup Bandung.

1. Pengembangan kawasan Rebana bakal diperkuat

Ini 10 Proyek Strategis Pemprov Jabar untuk Investor di WJIS 2023Pembangunan Subang Smartpolitan yang merupakan bagian dari Rebana Metropolitan. ANTARA Foto/Raisan Al Farisi

Selain itu ada perkembangan dari pembangunan Kawasan Rebana menawarkan beberapa proyek pada sektor industri yaitu, Industri Paracetamol di Kabupaten Subang dan Industri ban pesawat dari karet alami di Kabupaten Majalengka.

Sementara di sektor Pariwisata ada Kuningan Tourism dan sektor pendidikan adalah Politeknik Manufaktur Majalengka.

"Kerja sama yang baik dengan Bank Indonesia melalui WJIS dalam lima tahun terakhir sudah membuahkan hasil. Investasi berhasil dijemput melalui WJIS dan Jabar kini menjadi wajah ekonomi Indonesia, semoga diakhir Jabatan saya, itu akan diingat terus," ujarnya.

2. Jabar masih menggiurkan untuk para investor

Ini 10 Proyek Strategis Pemprov Jabar untuk Investor di WJIS 2023Wjis 2023

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung memastikan pihaknya akan mendukung penuh realisasi investasi di Jawa Barat dengan menciptakan lingkungan ekonomi makro yang kondusif. 

Menurutnya, potensi Indonesia secara umum dan Jawa Barat secara khusus sangat besar dalam sektor investasi. Sehingga perlu adanya upaya berkelanjutan seperti yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat melalui gelaran WJIS. 

"Tujuannya jelas untuk meningkatkan investasi di Jabar dan dari tahun ke tahun memang hasilnya dari WJIS ini riil, realisasinya cukup banyak," ungkap Juda Agung. 

Ia menyontohkan, salah satu raihan positif dari gelaran WJIS ini adalah terealisasinya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Waduk Cirata, Purwakarta. Selain itu, sektor ekonomi hijau dan pangan pun Jawa Barat menjadi surganya. Sehingga, ia komitmen untuk mengakselerasi realisasi investasi di Jawa Barat. 

"Jadi potensinya besar untuk investasi masuk di sektor green ekonomi," jelasnya. 

Baca Juga: Pemprov Jabar Target Raup Investasi Rp717 Triliun Lewat WJIS 2021

Baca Juga: WJIS 2022: Tujuh Perusahaan Bakal Investasi di Sektor Pangan Jabar

3. Capaian investasi di Jabar dalam lima tahun memuaskan

Ini 10 Proyek Strategis Pemprov Jabar untuk Investor di WJIS 2023ilustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat Nining Yuliastiani mengatakan, selama lima tahun terakhir realisasi investasi baik dalam negeri dan luar negeri mencapai Rp685,35 triliun. 

Dengan rincian investasi pada 2018 sebesar Rp116,96 triliun, 2019 sebesar Rp116,96 triliun, 2020 mencapai Rp120,43 triliun. 2021 sebesar Rp136,14 triliun, dan 2022 mencapai Rp174,6 triliun. 

Investasi tahun 2020 sempat turun karena pandemi COVID-19. Namun kembali naik pada 2021, di mana investasi ke Jabar kembali menggeliat dan menjadi nomor satu secara nasional setiap tahunnya dalam lima tahun terakhir. 

Investasi dipastikan semakin moncer tahun 2023 ini. Meski baru berjalan setengah tahun, realisasi investasi di Jabar sudah mencapai Rp103,6 triliun atau separuh lebih dari target investasi yang dicanangkan DPMPTSP Jabar, yakni sebesar Rp188 triliun. 

Baca Juga: Properti Gak Lagi Jadi Investasi Seksi? Begini Kata Perencana Keuangan

Baca Juga: Pemprov Jabar Tawarkan 10 Proyek Terbaik ke Investor di WJIS 2023 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya