Ikut Tes CPNS, Seorang Peserta di Bandung Diduga Bawa Jimat

Masih ada aja yang pakai ilmu beginian ya...

Bandung, IDN Times - Seorang peserta sesi satu tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Bandung yang diselenggarakan di Graha Batununggal kedapatan membawa jimat, Rabu(12/2). Jimat itu disimpan di bagian dalam sepatu.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung Yayan Brilyana mengatakan, menemukan jimat yang dibawa salah seorang peserta ketika sedang melakukan pemeriksaan (Body Checking). Ketika ditanya benda apa yang ada di sepatu tersebut, sang pemilik barang membantah jika disebut jimat.

"Ada yang makai jimat, ada di kaki, di dalamnya. Semua diperiksa (body checking)," ujarnya saat ditemui disela-sela memantau pelaksanaan CPNS Kota Bandung.

1. Semua barang yang tidak ada kaitannya dengan tes CPNS akan disita

Ikut Tes CPNS, Seorang Peserta di Bandung Diduga Bawa JimatSeorang peserta SKD CPNS di Semarang saat mengganti sepatunya. IDN Times/Fariz Fardianto

Menurutnya, semua barang yang dapat menganggu jalannya aktivitas tes akan disita dan sesudah tes akan dikembalikan kepada pemiliknya. Termasuk jimat yang dibawa salah seorang peserta tes di Graha Batununggal.

"Dia tidak mengaku (itu) jimat, menurut saya jimat. Bentuknya seperti kain karung, isinya gak saya buka," katanya. Yayan pun mengaku terdapat belasan peserta di sesi satu yang masih terlambat datang untuk tes.

2. Ada 6.609 peserta yang mengikuti tes di Bandung

Ikut Tes CPNS, Seorang Peserta di Bandung Diduga Bawa JimatDok. Pribadi

Menurutnya, jika peserta datang saat tes dimulai maka tidak diperbolehkan mengikuti tes. Untuk jumlah peserta, setidaknya ada 6.609 orang yang mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Jumlah ini akan mengerucut untuk mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB) pada April.

"Dari 6,609 peserta akan mengerucut dan akan dites (SKB) lagi sebanyak 868 peserta dikali 3," katanya.

Ia pun berharap agar pelaksanaan CPNS pada 2020 mendatang bisa terealisasikan sebab Pemkot Bandung masih kekurangan orang. Yayan mewanti-wanti agar tidak ada masyarakat yang mendatanginya dan meminta jatah khusus. Sebab pelaksanaan CPNS dijaga dan diawasi secara ketat.

3. Wali Kota Oded berharap peserta yang lulus memiliki kualitas unggul

Ikut Tes CPNS, Seorang Peserta di Bandung Diduga Bawa JimatWalikota Bandung, Oded M Danial. (IDN Times/Bagus F)

Wali Kota Bandung, Oded M Danial berharap peserta yang lolos seleksi CPNS dan berhasil hingga tahap akhir adalah pegawai yang unggul. Ia pun meminta agar para peserta mengerjakan soal dengan cermat, percaya diri dan tenang. Serta, berhati hati dan berdoa.

"Saya cek dan tinjau persiapan sudah cukup baik matang, termasuk keamanan. Toilet bagus, masjid sudah ada. banyak yang diantar orangtuanya jadi menyiapkan fasilitas," katanya.

Ia pun meminta agar peserta tidak percaya calo yang meyakinkan bisa meluluskan. "Tong percaya ka calo, jadul (itu sudah jaman dulu)," katanya.

Baca Juga: Jimat Milik Peserta Tes CPNS yang Disita Petugas Tiba-tiba Raib

Baca Juga: Tes CPNS 2019, Dua Pendaftar Dari Tegal Kepergok Bawa Jimat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya