HUT ke-78 RI, 17 Tim Pendaki Wanita Bakal Jajal 17 Gunung di Indonesia

Ekspedisi 17 gunung dilakukan puluhan wanita

Bandung, IDN Times - Pendakian gunung di hari kemerdekaan selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi para pendaki. Memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia akan ada 17 tim pendaki wanita yang bakal merayakan kemerdekaan di 17 gunung di Pulau Jawa.

Kegiatan pendakian gunung tersebut diinisiasi Eiger Adventure. Mengambil tema EKSPEDISI 17, pendakian bakal dilakukan serentak dengan tujuan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di puncak 17 gunung pada 17 Agustus 2023. 

Marketing General Manager Eiger, Riadi Suwarno menuturkan bahwa jenama ini telah mendukung berbagai kegiatan positif luar ruang yang dilakukan oleh wanita-wanita di Indonesia. 

“Masih dalam semangat hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023, Ekspedisi 17 yang diikuti oleh 17 tim pendaki wanita membawa misi untuk Kenali Negeri melalui keindahan gunung di Indonesia," kata Riadi.

Lebih dari itu, lewat Ekspedisi 17 diharapkan dapat mengenalkan kearifan lokal masyarakat Indonesia, khususnya di kawasan kaki gunung di Indonesia.

Adapun gunung yang akan didaki adalah Ciremay, Cikuray, Patuha, Bongkok, Lawu, Bismo, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Merbabu, Kembang, Andong, Butak, Wilis, Arjuno, dan Argopuro.

1. Kibarkan Merah Putih di 17 Puncak Gunung

HUT ke-78 RI, 17 Tim Pendaki Wanita Bakal Jajal 17 Gunung di IndonesiaIlustrasi mengibarkan bendera merah putih di gunung (instagram.com/alfiandi_andi)

Penanggung Jawab Ekspedisi 17, Galih Donikara mengatakan, kegiatan ini menjadi sebuah gerakan untuk mendukung tim pendaki wanita bisa tetap berkarya dan melakukan perjalanan bahkan ekspedisi, tanpa perlu khawatir dengan berbagai batasan-batasan. 

“Selama ini dalam dunia pendakian apalagi ekspedisi adalah hegemoni laki-laki, bahkan menjadi stereotip negatif kalau wanita ikut ekspedisi itu akan merepotkan. Eiger ingin memberikan ruang bahwa wanita itu bisa terlibat aktif dalam kegiatan di alam bebas,” ujar Galih.

2. Para pendaki diberikan pelatihan lebih dulu

HUT ke-78 RI, 17 Tim Pendaki Wanita Bakal Jajal 17 Gunung di Indonesiawagers.id

Ekspedisi 17 ini juga sebagai pembuktian bagi tim pendaki wanita yang baru saja mengikuti pembelajaran dan pembekalan mengenai ekspedisi saat EIGER Women Adventure Course pada Mei 2023 . 

Pada 17 Agustus 2023 nanti, Ekspedisi 17 akan ditutup dengan mengibarkan bendera Merah Putih secara serentak di puncak 17 gunung. Upacara secara live streaming juga akan dilakukan dari Toko EIGER Jalan Sumatera, Braga, Kota Bandung. 

Nantinya, mulai tanggal 17 Agustus hingga 19 Agustus 2023, akan diadakan pula Eiger Independence Sport Climbing Competition (EISCC) di Eiger Jalan Sumatera. Kompetisi panjat dinding yang rutin diselenggarakan EIGER setiap 17 Agustus. 

“Ini merupakan EISCC yang ke-15 kalinya dan menjadi salah satu bentuk dukungan EIGER dalam memajukan kegiatan panjat dinding di Indonesia,” ungkap Heri Jaro (Kang Jaro) sebagai Ketua Pelaksana EISCC.

3. Banyak wanita tangguh bisa mendaki gunung

HUT ke-78 RI, 17 Tim Pendaki Wanita Bakal Jajal 17 Gunung di IndonesiaIDN Times/Debbie Sutrisno

Salah satu pendaki wanita, Mia Fitriani mengatakan, berkegiatan di alam merupakan mimpi yang selama ini dia jalankan. Banyak orang beranggapan bahwa wanita tidak bisa mendaki gunung sendiri, padahal banyak wanita yang tangguh mampu melakukannya tanpa ada lelaki di sampingnya.

Mia sendiri mendapat jatah mendaki di gunung Arjuno bersama timnya. Dia akan berangkat dengan empat wanita lain yang berasal dari Surabaya dan Garut.

"Sebagai pegiat alam saya ingin mengeksplor Indonesia dan gunung yang ada di Jawa. Jadi ini merupakan kesempatan besar buat saya," kata Mia.

Dia pun sudah mendapat pelatihan selama dua bulan dan siap menjajal Gunung Arjuno. Meski disebut sebagai salah satu gunung angker, Mia memastikan siap menaklukan gunung tersebut.

Baca Juga: Pendakian Gunung Rinjani Jalur Aik Berik dan Tetebatu Kembali Dibuka

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya