Hingga Sabtu Malam, 75 Ribu Kendaraan Melintas di Jalur Selatan Nagreg

Hari ini kendaraan pemudik diprediksi masih banyak

Bandung, IDN Times - Sebanyak 75.142 kendaraan sudah melintas di jalur selatan Cikaledong-Nagreg, Kabupaten Bandung hingga H-4 Lebaran 2024 atau Sabtu (6/4/2024).

Berdasarkan data yang diterima dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung, sampai dengan pukul 20.00 WIB total kendaraan yang melintas di ruas Nagreg menuju Tasikmalaya dan Garut naik signifikan.

"Arus lalu lintas hari ini yang mengarah ke arah Garut dan Tasikmalaya sudah cukup signifikan mengalami peningkatan. Biasanya rata-rata lalu lintas di Nagreg itu 1.500-2.000 kendaraan dan di H-5 itu 3.000, sekarang rata-rata setelah maghrib ini sudah mencapai 5.000 kendaraan per jamnya," kata Koordinator Data dan Kehumasan Dishub Kabupaten Bandung Ruddy Heryadi saat dihubungi, Sabtu (6/4/2024) malam.

1. Kenaikan kendaraan masih bisa terjadi

Hingga Sabtu Malam, 75 Ribu Kendaraan Melintas di Jalur Selatan NagregIDN Times/Istimewa

Ruddy memprediksi, apabila jumlah kendaraan yang melintas di ruas Nagreg ini stabil, maka volume kendaraan akan terus meningkat sampai dengan tengah malam nanti.

"Data sampai jam 8 malam saja sudah 70 ribu lebih kendaraan, kalau rata-rata 5.000 (kendaraan) saja sampai jam 12 malam bisa mencapai 95 ribuan. Tapi kemungkinan jam 11.00 malam agak ada penurunan, kami prediksi di 90 ribu," terangnya.

2. Kendaraan roda dua mendominasi

Hingga Sabtu Malam, 75 Ribu Kendaraan Melintas di Jalur Selatan Nagregtravelindonesia.id

Ruddy menyebut bahwa kendaraan roda dua mendominasi jalur selatan. Rata-rata pengendara motor ini banyak menuju kampung halamannya ke arah timur seperi Tasikmalaya, Garut, hingga Ciamis.

"Dominasi kendaraan masih roda dua di persentase sudah meningkat, biasa di angka 56-57 persen, sekarang sudah di angka 59 persen," ungkapnya.

3. Masih belum masuk puncak arus mudik

Hingga Sabtu Malam, 75 Ribu Kendaraan Melintas di Jalur Selatan NagregInstagram

Untuk puncak arus mudik, kata Ruddy, dishub memprediksi akan terjadi kepadatan lalu lintas di H-2 dan H-1 atau Senin dan Selasa depan. Adapun hari Senin sudah memasuki cuti bersama Idulfitri 1445 Hijriah.

"Kami memprediksikan H-3 akan lebih tinggi dibandingkan H-4 sekarang, dan H-2 pun akan lebih tinggi menurut kami. Kemungkinan di hari selasa puncak arus mudik," tandasnya.

Baca Juga: Truk Terguling di Nagreg, Lalin dari Bandung Diarahkan ke Garut Kota

Baca Juga: 7 Meme Seputar Lebaran, Lengkap Mulai Mudik Sampai Balik

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya