Hasil Cek Kesehatan Paslon Pilwalkot Bandung Keluar pada 5 September 

Akan ada rapat pleno di KPU Bandung

Bandung, IDN Times - Rumah Sakit Hasan Hasidikin (RSHS) telah melakukan pemeriksaan jasmani dan rohani pada seluruh pasangan calon (paslon) yang akan maju dalam pemilihan wali kota (Pilwalkot) Bandung. Pasangan yang datang terakhir adalah Haru dan Dhani, tiba di hari ketiga setela pada hari pertama dan kedua tidak bisa menyelesaikan pemeriksaan karena alasan tertentu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung Wenti Frihadianti mengatakan, pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan sejak 30 Agustus 2024 di mana ada tujuh calon yang datang. Kemudian pada 31 Agustus ada enam orang yang datang, dan terakhir pada 1 September ada dua calon datang.

"Masa pemeriksaan kami lakukan di rentang waktu sesuai tahapan, di mana secara keseluruhan itu telah melakukan pemeriksaan kesehatan," kata Wenti dalam konferensi pers, Minggu (1/9/2024).

1. Belum ada indikasi calon gagal tes kesehatan

Hasil Cek Kesehatan Paslon Pilwalkot Bandung Keluar pada 5 September ilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Nantinya data dari pemeriksaan kesehatan ini akan diserahkan RSHS pada 5 September 2024. Data ini yang bakal dipakai untuk memverifikasi apakah calon wali kota atau wakil wali kota bisa melanjutkan tahapan Pilkada atau tidak.

Menurutnya, sejauh ini dari hasil informasi awal belum ada indikasi calon yang tidak lolos tes kesehatan. Walaupun nantinya akan ada pengecekan lebih mendalam atas hasil tersebut.

"Kita ada rapat pleno juga yang nantinya bakal dimuat dalam berita acara," kata dia.

2. Ada 19 rangkaian tes kesehatan

Hasil Cek Kesehatan Paslon Pilwalkot Bandung Keluar pada 5 September ilustrasi konsutasi dengan dokter (pexels.com/cottonbro studio)

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di RSHS Bandung tidak hanya di ikuti oleh Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur saja, namun turut di ikuti oleh sejumlah pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati serta Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Direktur Utama RSHS, dr. Rachim Dinata Marsidi mengatakan, proses pemeriksaan kesehatan akan memakan waktu yang cukup lama, mengingat banyaknya tes yang akan dilakukan oleh Paslon.

"Sekitar 19 rangkaian tes dengan melibatkan 25 dokter," kata dia, Jumat (30/8/2024).

 

3. Pemimpin yang baik kesehatannya juga harus bagus

Hasil Cek Kesehatan Paslon Pilwalkot Bandung Keluar pada 5 September Ilustrasi pemimpin (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu proses pemeriksaan kesehatan sendiri dilakukan secara tertutup dan akan terus dilakukan dalam beberapa hari sesuai dengan jadwal yang telah di berikan oleh KPU.

Rachmin mengungkapkan pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan para calon kepala daerah dalam kondisi sehat secara fisik dan mental, sehingga mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka jika terpilih.

“Mudah-mudahan, saya sih mengharapkan semuanya bisa lulus dengan baik ya. Jadi, kesehatannya bisa dengan prima dan itu kan kita perkirakan mereka sampai lima tahun bisa bertahan dengan baik,” kata dia.

Rachmin menjelaskan tahapan pemeriksaan kesehatan berlangsung 28 Agustus- 2 September 2024, dengan melayani sebanyak 26 pasangan bakal calon kepala daerah di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota di Jabar.

“Biasanya kalau untuk pemeriksaan kurang 10 jam, ada tes fisik dulu, yang kedua adalah psikotes, terus wawancara,” kata Rachim.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya