Hari Pahlawan, Walkot Bandung Ajak Warga Perang Lawan COVID-19

Mari bersama menjadi pahlawan di masa pandemik

Bandung, IDN Times - Tanggal 10 November menjadi waktu yang diperingati sebagai Hari Pahlawan. Berbagai kegiatan dalam rangka peringatan pun dilakukan di sejumlah daerah termasuk di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial beserta jajaran melaksanakan upacara, sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu juga beasiswa kepada sejumlah mahasiswa. Dalam peringatan ini, Oded mengajak masyarakat untuk bisa menjadi pahlawan di masa pandemik COVID-19.

"Dulu orangtua kita berperang lawan penjajah dan mengorbankan jiwa. Spirit ini harus kita miliki sekarang dengan berjuang melawan COVID-19 dan menerapkan protokol kesehatan," kata Oded, Rabu (10/11/2021).

1. Beasiswa diberikan pada mereka yang ditinggal orang tua saat pandemik

Hari Pahlawan, Walkot Bandung Ajak Warga Perang Lawan COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Oded mengatakan, bantuan yang diberikan masing-maisng Rp2,5 juta. Terdapat sekitar 30 warga miskin dan 30 mahasiswa yang sebagiana dari mereka orangtuanya meninggal akibat COVID-19.

"Memang ada tapi tidak semuanya," kata Oded.

2. Vaksinasi untuk anak di bawah 12 tahun tengah disiapkan

Hari Pahlawan, Walkot Bandung Ajak Warga Perang Lawan COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Di sisi lain, dalam momentum hari Pahlawan ini Pemkot Bandung pun tengah mempersiapkan segala infrastruktur untuk pemberian vaksin kepada anak dengan rentang usia 6-12 tahun. Harapannya ketika vaksin sudah disebar maka vaksinasi bisa langsung dilakukan secara serentak.

"Tetap kita lakukan semuanya tapi disesuaikan dengan kemampuan vaksin yang kita miliki. Saya belum mendapatkan informasi yang lebih detail dari pak Sekda," kata dia.

Namun, pada prinsipnya di Kota Bandung ini vaksinasi untuk tahap satu sudah 97 persen sampai Desember 100 persen. "Vaksin kedua saja sudah 70 persen, itu sudah melampaui batas mudah-mudahan kita terus konsisten dan komitmen dengan vaksinasi ini termasuk 6-12 konsisten terus mudah-mudahan ini yang membuat Bandung terkendali," paparnya.

3. Warga berharap hari pahlawan jadi momentum keluar dari pandemik

Hari Pahlawan, Walkot Bandung Ajak Warga Perang Lawan COVID-19Ilustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sederet warga menyambut hari pahlawan ini dengan rasa optimisme untuk keluar dari pandemik COVID-19. Agung Bakti misalnya. Warga Cinunuk ini berharap pemerintah bisa lebih serius menangani pandemik.

Jangan sampai aturan yang berubah-ubah membuat virus corona lama hilang dari Indoenesia.

Hal serupa disampaikan Nazmi. Dia meminta semua pihak bisa taat dalam protokol kesehatan. Sebab hanya dengan cara itu pandemik bisa usai dan perekonomian bisa bangkit kembali.

"Jangan abai lah ya. Semua harus taat prokes. Kita berjuang layaknya pahlawan di masa penjajahan," ujarnya.

Baca Juga: Yuk, Mengenal 10 Pahlawan Indonesia Pejuang Kemerdekaan

Baca Juga: Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Begini Suasananya

Baca Juga: 9 Artis yang Jadian dan Menikah di Hari Pahlawan, Bersejarah!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya