Hari Ini Jalur Zonasi Diumumkan, Disdik Waspadai Laman PPDB Jabar  

Diumumkan pukul 14.00WIB, semoga tidak error yah...

Bandung, IDN Times - Calon peserta didik baru untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat akan melihat hasilnya hari ini, Rabu(8/7/2020). Dinas Pendidikan Jawa Barat akan mengumumkan hasil penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur zonasi mulai pukul 14.00 WIB.

Asisten I PPDB Jawa Barat Dian Penisiani menuturkan, untuk mewaspadai adanya penumpukan akses pengumuman hasil PPDB jalur zonasi, Disdik Jabar sudah melakukan peningkatan kapasitas infrastuktur dan optimalisasi di aplikasi PPDB.

"Ini kami lakukan agar dapat melayani akses masyarakat lebih baik," ujarnya ketika dihubungi IDN Times, Rabu (8/7/2020).

Dian pun memastikan tim IT selalu bersiaga memonitoring kondisi infrastruktur dan aplikasi PPDB sehingga apabila ada kendala dapat segera ditangani.

1. Pendaftar diminta mengakses pengumuman setelah jam puncak

Hari Ini Jalur Zonasi Diumumkan, Disdik Waspadai Laman PPDB Jabar  Ilustrasi orang tua siswa protes hasil PPDB Jabar. IDN Times/Debbie Sutrisno

Dian pun berharap seluruh pendaftar tidak mengakses secara bersamaan laman PPDB. Karena, ditakutkan ada penumpukan pengakses sehingga laman sulit dibuka.

"Bagi pendaftar dianjurkan untuk mengakses pengumuman PPDB setelah pukul 14.00 atau setelah puncak akses untuk mengantisipasi penumpukan akses pengguna," ujarnya.

2. Hanya sedikit siswa yang akan lolos ke sekolah negeri

Hari Ini Jalur Zonasi Diumumkan, Disdik Waspadai Laman PPDB Jabar  Ilustrasi siswa SMA Dok. Prambors

Di sisi lain, Disdik Jabar pun tidak bisa mengakomodir semua calon siswa untuk masuk ke sekolah negeri, mengingat jumlah lulusan SMP atau MTs lebih banyak daripada daya tampung SMA/SMK sederajat.

Berdasarkan data Disdik Jabar, jumlah lulusan SMP sederajat berkisar di angka 700 ribu siswa. Sedangkan daya tampung SMA negeri sederajat hanya 149.977 ribu di jalur afirmasi. "Ini pasti ada yang tidak diterima di negeri," kata Sekretaris I PPDB Jabar Dian Penisiani.

Sebagai perbandingan, di Kota Bandung terdapat 64 SMP, sedangkan jumlah SMA negeri hanya ada 27 sekolah.

3. Tidak semua anak miskin bisa masuk sekolah negeri

Hari Ini Jalur Zonasi Diumumkan, Disdik Waspadai Laman PPDB Jabar  Ilustrasi Kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Dian pun memastikan tidak akan semua siswa miskin bisa masuk ke sekolah negeri. Sebab jatah untuk jalur tersebut dibatasi.

Di Jabar saja, berdasarkan data dinas sosial saat ini ada sekitar 445.339 data keluarga miskin. Sedangkan untuk jumlah siswa miskin yang masuk ke sekolah negeri jatahnya hanya 20 persen dari kuota sekolah.

Untuk meminimalisir kemungkinan siswa miskin tidak masuk ke sekolah negeri pada tahap I PPDB, Dian meminta mereka agar ikut dengan sistem zonasi di tahap II.

"Karena kuotanya lebih banyak kan ada 50 persen," kata dia.

Baca Juga: Sengkarut Proses Penerimaan Siswa Baru yang Tak Pernah Kunjung Usai

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya