Harap Sabar, Pendaftaran CPNS Mundur Dua Pekan

Ada 3.500 lowongan CPNS di Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung, Adi J. Mustafa memastikan jadwal rekruitmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) mundur dua pekan. Awalnya, pemerintah pusat mengumumkan bahwa pembukaan rekruitmen CASN akan dilakukan pada 31 Mei 2021.

"Pendaftaran itu kan dari sosialisasi yang pertama dari Kemenpan RB dan BKN dimulai akhir Mei, tapi dalam pertemuan terakhir itu disebutkan akan diundurkan sekitar dua pekan, berarti dipertengahan Juni, jadi belum dibuka sekarang," kata Adi di Balai Kota Bandung, Jl. Wastukencana, Kota Bandung, Rabu (2/6/2021).

1. Ada 3.500 lowongan CPSN di Kota Bandung

Harap Sabar, Pendaftaran CPNS Mundur Dua PekanANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Adi mengungkapkan, Pemkot Bandung mendapat kuota CASN sekitar 3.500 formasi di tahun 2021. Dari jumlah tersebut mayoritas formasi diperuntukkan bagi ASN berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tenaga pendidikan

"Angkanya itu hampir 3.500, dan dari 3.500 ini mayoritasnya P3K, CPNS nya itu hanya 50 sekian tidak sampai 60. P3K-nya 3.400 sekian, jadi mayoritas P3K-nya adalah guru, hampir 3.000-an," ungkapnya.

2. Tahun ini prioritas untuk tenaga pendidik

Harap Sabar, Pendaftaran CPNS Mundur Dua PekanIlustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Adi menuturkan, kekurangan tenaga pendidik menjadi alasan pemerintah untuk memprioritaskan rekruitmen ASN P3K Tenaga Pendidikan. Selain itu, alasan lainnya adalah adanya program rekruitmen satu juta guru dari pemerintah.

"Iya memang kekurangan, kan kita ingin pemenuhan-pemenuhan pegawai itu melalui P3K jadi bukan tenaga honorer dan sebagainya, karena P3K ini lebih jelas berdasarkan UU ASN nomor 5 Tahun 2014," tuturnya.

"Untuk di tahun 2021 ini, dari pusatnya itu memang ada program satu juta guru," imbuhnya.

Untuk di Kota Bandung, kata Adi, terdapat sekitar 600-700 ASN tenaga pendidikan yang pensiun dalam setiap tahunnya.

"Di guru itu yang pensiun 600 sampai 700 an, itu fluktuatif ya karena kan beda-beda setiap tahunnya tapi memang cukup besar jumlah yang pensiun," katanya.

3. Pendaftaran dilakukan terpusat

Harap Sabar, Pendaftaran CPNS Mundur Dua PekanIlustrasi tes CPNS. IDN Times/Istimewa

Adi menambahkan, khusus untuk CASN tenaga pendidikan, proses rekruitmen akan dilakukan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi (Kemendikbud Ristek).

"Sekarang itu pendaftarannya terpusat, kalau untuk guru terpusatnya itu di Dikbud, jadi nanti untuk penyelenggara P3K guru itu yang menyelenggarakannya Dikbud bukan Pemkot, pemkot hanya memberikan support," tambahnya.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS Ditunda, Jadwal Pembukaan Belum Dapat Dipastikan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya