Hanya Kabupaten Majalengka Masuk Zona Merah se-Pulau Jawa

Waduh zona merah COVID-19 ada di Jawa Barat

Bandung, IDN Times - Kabupaten Majalengka menjadi satu-satunya daerah di Pulau Jawa yang masuk zona merah penyebaran COVID-19. Artinya daerah ini masuk dalam kategori risiko tinggi penyebaran virus corona.

Mengutip dari laman covid19.go.id, terdapat 12 kabupaten/kota yang masuk dalam zona merah COVID-19. Dalam satu provinsi yang terdapat banyak zona merah adalah Sumatera Barat di mana ada Agam, Lima Puluh Kota, dan Tanah Datang yang masuk zona merah.

Selain itu provinsi berikutnya yang miliki dua daerah masuk zona merah adalah Riau dan Nusa Tenggara Timur. Jumlah zona merah penularan virus corona pada pekan ini berkurang dari 14 wilayah menjadi 12 wilayah.

Kemudian di segmen zona oranye, naik dari 318 menjadi 324 kabupaten/kota. Tersebar di sejumlah wilayah Indonesia.

Sementara itu, ada delapan kabupaten/kota masuk dalam kategori zona hijau atau tidak ada kasus. Tiga berada Sumatera Utara yakni kabupaten Nias Barat, Nias Selatan dan Nias Utara. Dua lainnya berasal dari Papua, yakni Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Mamberamo Raya.

Sedangkan tiga daerah lagi adalah Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara dan Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, serta Kabupaten Pegunungan Arfak di Papua Barat. Satgas COVID-19 mencatat hanya ada satu wilayah yang tidak terdampak virus corona hingga saat ini adalah Kabupaten Dogiyai di Provinsi Papua.

Satgas Penanganan COVID-19 melaporkan sebanyak 4.891 orang dinyatakan positif terpapar virus corona pada hari ini Senin (10/5/2021). Saat ini, total ada 1.718.575 kasus positif COVID-19 di Tanah Air.

Wilayah yang menjadi penyumbang kasus tertinggi adalah Jawa Barat dengan kasus harian COVID-19 hari ini dengan 1.070 orang dan disusul Jawa Tengah 854 kasus, DKI Jakarta 694 kasus, Riau 551, dan Jawa Timur 206 kasus per hari ini.

Selain itu, jumlah kasus positif di Indonesia mengalami peningkatan, saat ini ada penambahan 6.338 orang yang sembuh dari COVID-19 dalam waktu 24 jam terakhir, sehingga total kesembuhan sudah 1.574.615 orang.

Jawa Barat mencatat kasus kesembuhan paling banyak hari ini yaitu 2304 kasus. Selanjutnya disusul Jawa Tengah 746 kasus, Riau 631 kasus sembuh, DKI Jakarta 606 kasus sembuh dan Yogyakarta sebanyak 215 kasus.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya