Hanya 69 Ribu Keluarga di Kota Bandung Dapat BLT BBM Rp600 Ribu

Pemberian bantuan akan dikawal ketat

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung telah mendata keluarga Bantuan Langsung Tunai (BLT) pengalihan subsidi BBM sebesar Rp600 ribu bagi 20,6 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Di Kota Bandung ada sekitar 69 ribu keluarga yang bakal mendapat bantuan tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Soni Bakhtiyar mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan berkoordinasi dengan Kantor Pos, camat, dan lurah untuk memonitor penyaluran BLT BBM ini.

"Dinsos akan menurunkan tim monitoring dan TKSK untuk membantu mengawasi. Kita pastikan dan awasi mekanisme penyalurannya," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (6/9/2022).

1. Pemerintah masih memverifikasi

Hanya 69 Ribu Keluarga di Kota Bandung Dapat BLT BBM Rp600 RibuIlustrasi warga penerima Bansos (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Menurutnya, Dinsos Bandung saat ini masih melakukan verifikasi dan validasi data. Soalnya, bisa jadi ada penambahan jumlah penerima bantuan sesuai data dari Pemprov Jabar dan PT Pos.

Besar Bantuan Rp300ribu per dua bulan dan akan dibayarkan sebanyak dua kali dengan total Rp600 ribu. Bantuan akan disalurkan PT Pos Indonesia kepada KPM yang telah terdaftar di Kementerian Sosial.

2. Pengecekan nama bisa dilakukan lewat laman DTKS

Hanya 69 Ribu Keluarga di Kota Bandung Dapat BLT BBM Rp600 RibuIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Masyarakat dapat melakukan pengecekan melalui laman resmi pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Lokasi Pembayaran yaitu di Kantor Pos, Kelurahan/Komunitas, On Site (khusus Disabilitas/Jompo/Sakit Keras) Koordinasi dengan PT. Pos dan Kelurahan.

"Bagi warga yang tidak bisa mengambil secara langsung khusus disabilitas, jompo, dan sakit keras kita lakukan on-site," ungkap Soni.

3. Pemberian bantuan akan dilakukan dengan ketat agar tidak salah sasaran

Hanya 69 Ribu Keluarga di Kota Bandung Dapat BLT BBM Rp600 RibuKementerian Sosial menyalurkan BLT Minyak Goreng di Kepulauan Riau, Kamis (20/5/2022). (dok. Kemensos)

Ia mengimbau masyarakat untuk bersabar menunggu proses validasi data. Karena pada dasarnya Pemkot Bandung sudah siap hanya tinggal menunggu hasil verifikasi dan validasi.

"Kami sudah siap, dan minta masyarakat dapat bersabar karena proses sedang berjalan," ujarnya.

Ia mengingatkan masyarakat agar dalam proses penyaluran nanti memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Uang BLT BBM boleh digunakan untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Baca Juga: Cara Daftar BLT BBM 2022 Secara Online, Buruan Daftar!

Baca Juga: Hanya Ada 2,7 Juta Keluarga di Jabar Dapat BLT BBM

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM Kini Sudah Bagus

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya