Guru Berharap Program Jabar Masagi Bisa Diteruskan Bagi Kebaikan Siswa

 Program dinilai dapat mencegah pengaruh budaya negatif

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memiliki program yang baik bagi pendidikan, yaitu Jabar Masagi. Program ini menekankan pada pendidikan berkarakter bagi para siswa di Jawa Barat.

Program pendidikan Jabar Masagi yang dicetuskan pasangan eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan eks Wakil Gubernur Jabar Uu Ruhzanul Ulum didorong untuk dilanjutkan oleh pemimpin berikutnya di Jawa Barat. Sebab, banyak sekolah yang merasakan dampak positif adanya Jabar Masagi.

Pengawas SMK cabang dinas pendidikan wilayah 9 Winarno menilai, perubahan drastis di lingkungan sekolah terjadi usai program Jabar Masagi berjalan. Terdapat praktik yang baik seperti fast learning, keteladanan, karakter, dan kolaborasi.

"Sebelum adanya program Jabar Masagi, praktik-praktik baik untuk mengedepankan pembelajaran yang berbasis pada proyek fast learning, keteladanan, karakter, kolaborasi dan sebagainya belum muncul," ucap dia, Jumat (27/10/2023).

1. Anak-anak jadi lebih berbudaya lewat turunan program tersebut

Guru Berharap Program Jabar Masagi Bisa Diteruskan Bagi Kebaikan SiswaDok.Humas Jabar

Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi Jabar dinilai berhasil mengimplementasikan skil dalam kehidupan siswa sehari-hari. Dengan manfaat dari program ini, Winarno sangat berharap Program Jabar Masagi dilanjutkan dengan penguatan yang lebih konkret.

"Kami berharap program Jabar Masagi ini dilanjutkan dengan penguatan yang lebih konkret," kata dia.

Selain memperbanyak jumlah sekolah yang mengikuti program Jabar Masagi, ia berharap para pengawas terus dilibatkan dan aktif dalam program.

2. Siswa jadi tidak mudah terkontaminasi hal negatif dengan adanya program ini

Guru Berharap Program Jabar Masagi Bisa Diteruskan Bagi Kebaikan SiswaIlustrasi siswa. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Hal senada disampaikan Guru SMK Taruna Terpadu 1, Hamdan. Dia berharap program Jabar Masagi terus dilanjutkan agar melestarikan pendidikan berbasis karakter dan budaya, karena anak-anak tidak terlalu terkontaminasi.

"Kami rasa perlu dilanjutkan karena lewat program Jabar Masagi ini kita bisa mencegah, mempertahankan, dan juga mengenalkan budaya lokal kepada anak-anak sekarang," kata dia.

3. Jabar Masagi sudah diimplementasikan di 252 sekolah di Jabar

Guru Berharap Program Jabar Masagi Bisa Diteruskan Bagi Kebaikan SiswaIlustrasi siswa SMPN dan orang tuanya (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Jabar Masagi merupakan program unggulan Gubernur Jawa Barat dalam merealisasikan model implementasi pendidikan karakter berlandaskan nilai-nilai kearifan budaya Jawa Barat.

Nilai-nilai tersebut adalah Niti Surti, Niti Harti, Niti Bukti, dan Niti Bakti yang bertujuan menciptakan generasi masa depan Jawa Barat yagn beriman, berkarakter sehat, dan cerdas untuk mencapai kabagjaan lahir dan batin (wellbeing).

Kurikulum Masagi merupakan model implementasi kurikulum nasional yang berbasis nilai-nilai budaya lokal. Pemprov Jawa Barat telah menerapkan program Jabar Masagi sejak tahun 2018 diterapkan di kurang lebih 252 sekolah tingkat SMA/SMK/SLB dan Madrasah di Jawa Barat.

Baca Juga: Beasiswa Anak Teladan Indonesia 2024, Dana Pendidikan Khusus Siswa SMP

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya