Gratis, Kereta Api Cibatu-Garut Mulai Diuji Coba

Cek syarat dan jam keberangkatannya ya

Bandung, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal melakukan uji coba jalur kereta baru Cibatu-Garut. Pengoperasian kereta ini dilakukan setelah melihat antusiasme masyarakat Kabupaten Garut terhadap kesiapan alat transportasi ini.

Manager Humas Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan, uji coba akan dilakukan pada Kamis (24/2/2022) untuk masyarakat Garut dan sekitarnya. Namun, tidak semua orang bisa mencobanya. Hanya undangan khusus dan mereka yang memenuhi persyaratan saja bisa ikut serta.

"Perjalanan uji coba gratis ini merupakan inisiasi dan permintaan dari Pemkab Garut yang  akhirnya bisa diakomodir setelah dilakukan perhitungan atas beberapa hal teknis yang ada. Sehingga akhirnya diputuskan KAI akan mengoperasikan perjalanan KA uji coba mulai besok," Kata Kuswardoyo melalui siaran pers, Rabu (23/2/2022).

1. Belum semua masyarakat bisa ikut serta dalam uji coba ini

Gratis, Kereta Api Cibatu-Garut Mulai Diuji CobaInstagram/Ivanhanif

Kebijakan uji coba bagi masyarakat melalui undangan terbatas diambil terkait dengan adanya pembatasan penumpang pada masa pandemi dan menghindari terjadinya penyebaran COVID-19. Kuswardoyo yakin perjalanan kembali KA di lintas Cibatu-Garut yang pernah beroperasi dari tahun 1889-1983, menjadi momentum yang sangat dinanti oleh warga Garut khususnya.

Perjalanan uji coba gratis akan menggunakan rangkaian yang terdiri dari 7 K3 dan 1KMP3 yang nantinya akan digunakan untuk melayani perjalanan dari Garut ke Pasar Senen PP.

"Perjalanan KA dari Garut-Cibatu (PP) ini adalah perjalanan uji coba, bukan launching pengoperasian KA, di mana pekan ini akan dilaksanakan hari Kamis (24/2/2022). Perjalanan uji coba selanjutnya akan kami informasikan setelah ada evaluasi terkait perjalanan uji coba esok hari." ujar Kuswardoyo.

2. Ini syarat dan jadwal pemberangkatan kereta api

Gratis, Kereta Api Cibatu-Garut Mulai Diuji Cobaflickr.com/muhamadadlil

Para pengguna KA pada masa uji coba tersebut tetap diharuskan menyertakan bukti vaksin minimal tahap pertama bagi yang berusia di atas 12 tahun. Namun, syarat vaksin tersebut tidak berlaku bagi anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Adapun jadwal perjalanan uji coba pada hari Kamis, 24 Februari 2022, sebagai berikut :

1. No Klb D2/ 11105 berangkat Garut pukul 09.00 WIB sampai Cibatu pukul 09.47 WIB.

2 No. Klb D2/11152 berangkat Cibatu pukul 10.15 WIB sampai Garut pukul 11.02 WIB.

3. No Klb D2/11107 berangkat Garut pukul 11.30 WIB sampai Cibatu pukul 12.17 WIB.

4. No Klb D2//11154 berangkat Cibatu pukul 12.45 sampai Garut pukul 13.32 WIB.

3. Pengoperasian KA secara resmi masih tunggu izin

Gratis, Kereta Api Cibatu-Garut Mulai Diuji CobaInstagram/Ivanhanif

Sementara itu terkait rencana pengoperasian lintas Cibatu–Garut secara resmi, sampai saat ini masih menunggu izin operasi yang masih terus berproses.

Selain itu, PT KAI meminta kepada masyarakat untuk tidak tergiur adanya penawaran kerja di stasiun Garut dan sekitarnya. Saat ini KAI tidak melakukan rekrutmen pegawai khusus untuk penempatan di wilayah Garut.

"Kami tidak pernah menugaskan pegawai kami untuk melakukan rekrutmen secara door to door, atau melalui program perekrutan lainnya, semua rekrutmen hanya melalui website KAI," kata dia.

Baca Juga: PT KAI Gusur 15 Rumah Warga di Bandung, Warga Sebut Arogan!

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Kemenhub Segera Resmikan Jalur Kereta Bandung-Garut

Baca Juga: Bawa Rombongan Bupati, KA Stasiun Garut-Pasar Senen Diuji Coba

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya