Go International, 30 Ulama di Jabar  Ikut Pelatihan Bahasa Inggris 

Ulama merupakan sosok yang bisa menyampaikan pesan damai

Bandung, IDN Times - Sebanyak 30 ulama terpilih Jawa Barat secara resmi memulai pelatihan program English for Ulama. Pelatihan ini bertujuan mempersiapkan para ulama guna mendukung visi dan misi Pemprov Jabar melalui pembekalan Bahasa Inggris, yakni ‘Jawa Barat Juara Lahir Batin’ melalui pembekalan Bahasa Inggris.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum membuka pelatihan hasil kerja sama Pemprov Jabar dengan British Council dan Kedutaan Besar Inggris tersebut di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (28/3).

Selain dilatih Bahasa Inggris, para ulama juga mendapat penguatan wawasan keislaman serta wawasan multikultural. Harapannya materi yang disampaikan bisa menjadi bekal para ulama ketika terjun di wilayah yang memerlukan keterampilan berbahasa Inggris.

“Dengan adanya (program English for Ulama) ini, Insyaallah mudah-mudahan bisa membuka cakrawala para kiai dan para ulama,” ujar Uu.

1. Program ini sejalan dengan kampanye nasional British Council

Go International, 30 Ulama di Jabar  Ikut Pelatihan Bahasa Inggris Humas Pemprov Jabar

Project Leader English for Ulama British Council Hani Sanjaya mengatakan, program English for Ulama merupakan bagian dari program English for West Java. Program ini bertujuan meningkatan kapasitas Bahasa Inggris para ulama, ustad, dan guru agama melalui kombinasi antara materi belajar dan mengajar digital yang kreatif dengan  pelatihan tatap muka yang inovatif dan interaktif.

Program ini juga sejalan dengan kampanye nasional English for Indonesia yang diprakarsai British Council dan Kedutaan Besar Inggris. Pelatihan akan berlangsung pada 28 Maret – 11 April 2019 dan diikuti 30 ulama terpilih yang telah lolos seleksi dari 265 pendaftar.

Para ulama yang ikut pelatihan tidak hanya dari kota dan kabupaten tapi juga perwakilan organisasi masyarakat (Ormas) Islam seperti Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah, Syarikat Islam, Mathaul Anwar, Persis, Persatuan Umat Islam, dan beberapa perwakilan organisasi lain. 

Selama pelatihan, peserta akan memperoleh pelatihan bahasa Inggris dari pelatih berpengalaman British Council  serta materi agama dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat.

Hani berharap melalui program ini maka para ulama dari Indonesia khususnya Jawa Barat mampu berbicara di komunitas internasional mengenai perspektif Islam.

“Misi ini menjadi sangat penting karena kami dari British Council dan Kedutaan Besar Inggris berkomitmen untuk membantu meningkatkan kapasitas teman-teman ulama semua," ujar Hani.

2. Ulama merupakan sosok pembawa pesan damai

Go International, 30 Ulama di Jabar  Ikut Pelatihan Bahasa Inggris Instagram @ridwankamil

Direktur British Council Indonesia, Paul Smith, mengatakan Program English for Indonesia bertujuan untuk menjadikan proses belajar dan mengajar bahasa Inggris menjadi lebih inklusif dengan mempermudah seluruh masyarakat Indonesia untuk menikmati materi digital dari British Council yang mudah diakses dan berkualitas lewat website LearnEnglish. 

“Program English for Ulama merupakan kolaborasi baru yang didasari kesamaan dan misi untuk meningkatkan kapasitas bahasa Inggris para ulama sebagai pembawa pesan-pesan perdamaian," ujar Paul.

Dia menuturkan, Indonesia merupakan salah satu negara paling beragam di dunia dan memiliki kekuatan demokrasi terbesar ketiga, selain itu, populasi ulama di Indonesia adalah salah satu yang terbesar di dunia.

“Kami merasa bangga dan senang bahwa program ini akan mendukung ulama untuk menjadikan Indonesia sebagai negara terdepan di bidang keberagaman dan isu-isu Internasional lewat ajaran-ajaran Islam,” ujarnya.

Baca Juga: Jangan Minder, 5 Alasan Kenapa Kita Sulit Belajar Bahasa Asing

Baca Juga: Sedang Belajar Bahasa Inggris? Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

3. MUI menyambut baik kerja sama ini

Go International, 30 Ulama di Jabar  Ikut Pelatihan Bahasa Inggris IDN Times/MUI Jabar

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat Rahmat Syafi’i yang turut hadir dalam acara pembukaan menyambut baik program English for Ulama ini. Menurutnya, bahasa Inggris yang merupakan salah satu bahasa internasional bisa menjadi sarana untuk menyampaikan Islam damai kepada dunia.

“Diharapkan latihan ini sesuai dengan tujuannya, yaitu ingin menyampaikan, mewartakan Islam yang damai ke dunia, tentu melalui Bahasa Inggris yang menjadi bahasa dunia dan ini adalah kesempatan yang sangat berharga,” ungkap Rahmat.

Baca Juga: Kami Tahu Seberapa Jago Kamu Berbahasa Jawa dari Kuis Ini

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya