Gelar Wingday 2020, HDCI Pastikan Kehadiran Wakil Malaysia dan Brunei

Alat kesehatan disiapkan untuk antisipasi penyebaran corona

Bandung, IDN Times - Di tengah merebaknya penyebaran virus corona di Indoensia, Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Bandung memastikan tetap menggelar kegiatan Wingday 2020 pada 3 dan 4 April 2020, di Pangandaran, Jawa Barat. Hajatan para anggota motor gede legendaris tersebut rencananya bakal dihadiri oleh satu atau dua orang perwakilan dari berbagai negara.

Ketua HDCI Bandung Glenarto atau akrab dikenal Glen menuturkan, sebelum merebaknya virus corona terdapat perwakilan dari 10 negara yang mengonfirmasi hadir. Akan tetapi, beberapa perwakilan negara tersebut belum mengonfirmasi lagi sejak berlakunya travel warning. Meski demikian, negara di Asia yakni Malaysia dan Brunei Darussalam dipastikan hadir.

"Rencananya, kemarin itu sebelum adanya virus corona ini sudah ada sekitar 10 negara termasuk Asia dan memang Asia yang banyak tapi dengan adanya travel warning seperti ini, mereka belum konfirmasi lagi," kata dia ketika konferensi pers di Hotel El Royale Bandung, Sabtu (7/3).

1. Pemeriksaan badan akan dilakukan bersama dinas kesehatan

Gelar Wingday 2020, HDCI Pastikan Kehadiran Wakil Malaysia dan BruneiPemeriksaan virus corona terhadap suporter Persita Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Glen memastikan, perwakilan negara yang hadir mesti lolos tahapan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu di negaranya masing-masing sebelum masuk ke Indonesia. Kemudian, HDCI pun akan melakukan pemeriksaan dengan melibatkan instansi pemerintahan terkait seperti Dinas Kesehatan untuk memberikan pemahaman mengenai cara pencegahan dan berinteraksi.

HDCI akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan apabila ada perwakilan negara yang mengidap gejala corona. Glen menyebut pihaknya telah menyiapkan beberapa unit mobil ambulans dan petugas medis yang ditempatkan di lokasi kegiatan atau selama perjalanan menuju Pangandaran dari Bandung dan Jakarta.

"Bagaimana bila ada temen-temen yang diindikasi atau sudah terasa mengidap sakit dan sebagainya itu harus langsung menginformasikan pada panitia sehingga kita bisa menindaklanjutinya pada pihak dinas kesehatan yang sudah kita bekerja sama," ucap dia.

2. Masyarakat sekitar Pangandaran diharap tidak khawatir dengan adanya perwakilan dari luar negeri

Gelar Wingday 2020, HDCI Pastikan Kehadiran Wakil Malaysia dan BruneiNew Scientist

Intinya, kata Glen, masyarakat setempat atau perwakilan dari berbagai negara yang akan hadir tidak perlu khawatir terkait dengan penyebaran virus corona. Sebab, HDCI sudah mempersiapkan upaya antisipasi dengan matang.

"Kita berharap semua yang mengikuti kegiatan kali ini tidak perlu khawatir," ungkap dia.

3. Disparbud Jabar optimistis acara ini bisa meningkatkan wisatawan mancanegara

Gelar Wingday 2020, HDCI Pastikan Kehadiran Wakil Malaysia dan BruneiIlustrasi kunjungan wisatawan ke Indonesia. IDN Times/Saifullah

Di lokasi yang sama, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov Jabar Dedi Taufik menuturkan, kegiatan itu diyakini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan wisatawan mancanegara yang belakangan ini sedang menurun karena informasi penyebaran virus corona. Acara Wingday 2020 pun diharapkan menjadi momentum bagi pertumbuhan pariwisata di Jabar.

"Walau sekarang isu pariwisata ini menurun, dengan adanya kegiatan ini kita inginkan ada peningkatan minimal ada dari wisman kita genjot terutama di Jabar," terang dia.

Apalagi, sambung Dedi, kegiatan tersebut akan diadakan di Pangandaran yang belakangan ini ditata oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Disinggung penurunan wisatawan mancanegara, dia mengakui ada penurunan terutama di bulan Januari hingga Februari 2020.

The X Memorial Wingday 2020 ialah kegiatan Harley Davidson Classic terbesar dan tertua di Asia. Kegiatan itu akan diadakan di Pangandaran dengan pemberangkatan di dua titik yakni Yogyakarta dan Bandung. Wingday dianggap menjadi tradisi sakral yang diadakan lima tahun sekali oleh HDCI Bandung. Sejauh ini, terdata 297 klub bakal hadir.

Baca Juga: Tak Khawatir Virus Corona, Disparbud Bandung: Acara KAA Tetap Digelar

Baca Juga: Bukan Masker, Ini Resep Ampuh Risma Tangkal Virus Corona

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya