Gelar SispamKota, Polrestabes Bandung Siap Amankan Rangkaian Pemilu

Pemilu 2024 akan digelar secara serentak

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung menggelar simulasi SispamKota dalam rangka Ops Mantap Brata pengaman pemilu, di lapangan Tegallega, Kota Bandung, Rabu (4/10/2023).

Dalam simulasi tersebut, polisi melakukan skenario kericuhan saat masa kampanye yang menimbulkan tindakan-tindakan anarki. Diperlihatkan juga tahapan-tahapan kepolisian mulai dari aksi damai, kericuhan, hingga cara penyelesaian aksi kericuhan.

"Hari ini jajaran Polrestabes Bandung dibantu dengan seluruh satuan baik dari Kodim, Polda, Dishub, Satpol PP, kita mengadakan latihan SispamKota yaitu dalam rangka operasi Mantap Brata yang akan dilaksanakan sebentar lagi," kata Kapolretabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono, usai simulasi.

1. Simulasi penting, khawatir ada kericuhan ketika pemilu

Gelar SispamKota, Polrestabes Bandung Siap Amankan Rangkaian PemiluDebbie Sutrisno/IDN Times

Budi mengatakan, simulasi ini digelar untuk menyiapkan personelnya saat memasuki tahun politik. Dengan adanya simulasi tersebut diharap para personel kepolisian dapat mempedomani tindakan yang harus dilakukan saat kericuhan terjadi.

"Di situ kita lakukan latihan-latihan, tahapan-tahapan yang akan dilakukan jajaran, walaupun kita berharap kejadian ini tidak akan ada di kota Bandung, tetapi kita sebagai aparat kepolisian harus melatih simulasi apabila ada tahapan tahapan terjadi di Kota Bandung," katanya.

2. Polrestabes siap amankan jalannya rangkaian pemilu tahun depan

Gelar SispamKota, Polrestabes Bandung Siap Amankan Rangkaian PemiluDebbie Sutrisno/IDN Times

Dari hasil simulasi tadi, Budi menyatakan, para personel dianggap telah siap melakukan tindakan kepolisian pada saat terjadi kericuhan, terutama saat memasuki rangkaian pemilu.

"Semua sudah dilatihkan dan anggota sudah siap apabila ada kejadian seperti itu. Insya Allah kita sudah siap," kata dia.

3. Polri Siapkan 434.197 personel amankan pemilu serenak

Gelar SispamKota, Polrestabes Bandung Siap Amankan Rangkaian PemiluIlustrasi pilkada serentak. (IDN Times/Mardya Shakti)

Polri mengerahkan 434.197 personel dalam Operasi Mantap Brata, untuk mengamankan gelaran Pemilu Serentak 2024.

"Pada pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polri menurunkan 434.197 personel, baik yang berada dalam satuan tugas Mabes Polri maupun yang ada di Satgada di daerah atau polda masing-masing," ujar Kepala Divisi Humas (Kadivhumas) Polri, Irjen Pol. Sandi Nugroho, di Gedung Tribrata, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Sandi menjelaskan operasi Mantap Brata 2023-2024 dipimpin Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam), Komjen Pol. Fadil Imran, sebagai kepala operasi Satgasus dan Dankor Brimob Komjen Pol. Anang Revandoko sebagai wakil kepala operasi Satgasus.

"Kemudian untuk Satgada dipimpin oleh Bapak Kapolda dan jajarannya," katanya.

Baca Juga: Bertemu SBY di Istana Bogor, Jokowi Akui Bahas Pemilu 2024

Baca Juga: Menkominfo: Pemilu 2024 Sudah Masuk Tahapan Menegangkan 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya