Gelar Latihan Bersama, Pesawat Militer US Singgah di Bandara Kertajati

Tentara Indonesia-Amerika latihan bersama di beberapa tempat

Majalengka, IDN Times - Tentara Nasional Indonesia (TNI-AD) dan US Army menggelar latihan bersama “Garuda Shield 15/2021". Kegiatan ini dimulai pada 1 Agustus hingga 14 Agustus 2021, mendatang.

Di sela-sela latihan bersama, empat pesawat U.S. Air Force tersebut, mendarat dan mengisi bahan bakar di Bandara Kertajati. Pengisian bahan bakar ini setelah pihak manajemen memberikan izin akses untuk pesawat U.S. Air Force Boeing C-17 Globe Master yang mengangkut personil US Army.

"Pengisian bahan bakar di bandara ini membuktikan bahwa seluruh fasilitas Bandara Internasional Kertajati siap mendukung Kegiatan Latma Garuda Shield 15/2021 pada khususnya, dan penerbangan komersial pada umumnya,” ujar Direktur Operasional dan Pengembagan Bisnis PT BIJB, Ibut Astono melalui siaran pers, Senin (9/8/2021).

1. Latihan diikuti 4.528 prajurit dari kedua negara

Gelar Latihan Bersama, Pesawat Militer US Singgah di Bandara KertajatiKSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. IDNTimes/Larasati Rey

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa telah resmi membuka latihan perang ini pada Rabu (4/8/2021). Latihan perang bersama itu diikuti oleh 4.528 prajurit dari kedua negara. 

Mengutip keterangan resmi dari TNI AD hari ini, latihan bersama dilakukan di Pusat Latihan Tempur Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Puslatpur Kodiklat) TNI Angkatan Darat, Baturaja, Sumatera Selatan. Latihan bersama ini menjadi sejarah terbesar sepanjang kerja sama militer antara Indonesia dan Negeri Paman Sam. 

Namun, menurut Andika, latihan bersama itu bukan untuk pamer kekuatan militer. Ia ingin fokus untuk meningkatkan kemampuan tempur para prajurit kedua negara. "Tujuan dari latihan bersama ini bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD, melainkan mengembangkan materi pelajaran lain," ungkap Andika dalam keterangan tertulis hari ini. 

2. Salah satu materi dalam latihan bersama adalah penembakan roket ASTROS

Gelar Latihan Bersama, Pesawat Militer US Singgah di Bandara KertajatiLatihan bersama TNI AD dan US Army di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (4/8/2021). Foto istimewa

Andika menjelaskan, salah satu materi latihan yang akan diikuti oleh prajurit kedua negara adalah penembakan roket ASTROS (Artillery Saturation Rocket System) II MLRS dan HIMARS High Mobility Artillery Rocket System).

"Selain itu, turut dilatih Prosedur Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT), drill taktis, penggunaan Multiple Integrated Laser Engagement (MILES), penggunaan Phase Line berupa pengiriman hasil intai daerah operasi menggunakan drone (UAS) ke Heli Apache, dan penembakan roket ASTROS serta HIMARS," ujar Andika.

Ia pun berharap latihan bersama Garuda Shield 2021 bisa menjadi bukti hubungan baik Indonesia-AS dalam menciptakan perdamaian dunia.

"Saya berharap Latma Garuda Shield-15/2021 ini dapat terus kita tingkatkan sebagai simbol kekuatan dan wujud diplomasi militer kita dalam mewujudkan perdamaian dan stabilitas keamanan," katanya. 

3. Latihan bersama dibuka dengan aksi 569 pasukan TNI dan AS lakukan aksi terjun payung

Gelar Latihan Bersama, Pesawat Militer US Singgah di Bandara KertajatiLatihan bersama TNI AD dan US Army di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (4/8/2021). Foto istimewa

Latihan bersama di Baturaja dimulai dengan aksi terjun payung yang dilakukan oleh 569 penerjun gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) AD dan Tentara Amerika Serikat (US Army). Mereka berhasil mendarat dengan sempurna di titik tinjau penerjunan, Talang Sipin, Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Baturaja, Sumsel.

Penerjun Garuda Airbone yang berjumlah 569 itu terdiri dari 91 penerjun TNI AD dan 478 penerjun US Army. Mereka berangkat dari Pangkalan Militer AS, Guam, dengan menggunakan sembilan unit Pesawat C-17 Globe Master.

Sembilan pesawat C-17 Globe Master yang masuk ke Indonesia membawa penerjun Garuda Airborne terdiri dari, pesawat pertama dengan 42 penerjun, pesawat kedua 70 penerjun, pesawat ketiga 71 penerjun, pesawat keempat 68 penerjun, pesawat kelima 68, pesawat keenam 72, pesawat ketujuh 50, pesawat kedelapan 68, dan pesawat terakhir 60 penerjun dengan titik pendaratan di Area Puslatpur Martapura Sumatra Selatan.

Menurut keterangan dari TNI AD, latihan tempur bersama Garuda Shield akan digelar pada 1-14 Agustus di tiga daerah latihan tempur yakni di Baturaja, Amborawang, dan Makalisung. Sebelum masuk ke Indonesia, ribuan pasukan AS telah menjalani tes COVID-19 untuk memastikan mereka fit dan tidak tertular virus Sars-CoV-2.

Baca Juga: Latihan Gabungan TNI AD-US Army  di Kaltim, Para Tentara Antusias

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya