GBLA Jadi Homebase Persib, Kapolda Jabar Janji Perketat Penonton

Tiket pertandingan Persi di GBLA hanya 29 ribu

Bandung, IDN Times - Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) resmi menjadi markas Persib Bandung untuk mengaruni Liga 1 musim 2022/2023. Kepastian ini setelah Menpora, Ketua PSSI, Kapolda Jabar, Sekda Kota Bandung meninjau langsung kesiapan stadion ini.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana menuturkan, untuk meminimalisir membludaknya penonton seperti saat mereka ingin menyaksikan Piala Presiden 2022, kepolisian bakal memperketat pengecekan tiket penonton sesaat sebelum memasuki kawasan Stadion GBLA. Saat ini penjualan tiket hanya dilakukan secara daring (online).

"Tidak ada pembelian tiket di stadion, semua dilakukan secara online. Jadi jangan percaya omongan orang yang tidak bertanggung jawab bahwa tiket bisa dibeli di sekitar stadion, semuanya menggunakan online dan kami akan laksanakan pengawasan dari ring yang telah ditetapkan bersama dengan Panpel," ucap Suntana, Jumat (22/7/2022).

1. Calon penonton bakal digeledah petugas

GBLA Jadi Homebase Persib, Kapolda Jabar Janji Perketat PenontonIDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk mencegah adanya penumpukan di sekitar stadion, kepolsiain bakal menurunkan personel melakukan penggeledahan kepada orang-orang yang masuk ke area stadion. Hal itu juga dilakukan untuk mencegah masuknya barang-barang berbahaya masuk ke stadion.

"Kami juga akan operasi kepada orang yang masih memanfaatkan hal begini untuk jual tiket, kami akan melakukan tindakan menyebar personel untuk melakukan penggeledahan agar hal itu (calo tiket) tidak terjadi. Dan yang masuk ke dalam, kami mohon untuk tidak membawa barang berbahaya," ucap dia.

2. Kapolres sudah diminta datangi titik kumpul Bobotoh untuk sosialisasi

GBLA Jadi Homebase Persib, Kapolda Jabar Janji Perketat PenontonIDN Times/Debbie Sutrisno

Selain itu, Suntana juga telah memerintahkan para Kapolres mendatangi titik kumpul Bobotoh jelang pertandingan Persib Bandung. Bobotoh yang akan berangkat ke stadion, dipastikan telah memiliki tiket masuk.

"Para Kapolres akan datang ke titik kumpul keberangkatan Bobotoh Persib atau viking di mana pun berada, untuk memastikan yang berangkat dari wilayah lain yang datang ke sini, adalah orang yang sudah memiliki tiket secara online dan dipastikan bisa masuk ke dalam," kata dia.

3. Kota Bandung jadi perhatian pemerintah pusat

GBLA Jadi Homebase Persib, Kapolda Jabar Janji Perketat PenontonIDN Times/Istimewa

Sementara itu Menpora Zainudin Amali menuturkan, berdasarkan informasi yang didapat dari kepolisian dan penitia penyelenggara pertandingan, Stadion GBLA bisa menjadi kandang Persib Bandung untuk musim ini.

Kelayakan stadion didapat setelah dia meninjau langsung ke lokasi dan mendengar penjelasan dari perwakilan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Menurutnya, panitia pelaksana memiliki skema khusus dalam gelaran pertandingan nanti. Termasuk dalam sistem penjualan yang menjadi hal vital dalam penyelenggaraannya.

“Bapak Teddy tadi menjelaskan bagaimana rencananya, mulai dari penjualan tiket sampai dengan mereka penonton keluar kembalike tempat masing-masing dari GBLA ini,” ujarnya.

Kota Bandung, sambung Zainudin, menjadi atensi pemerintah pusat. Itu terkait dengan adanya suporter terbesar di Indonesia yakni Bobotoh berasal dari Bandung.

Sehingga, dari segi pengamanan dan aspek lainnya perlu diperhatikan agar tidak terjadi kembali kejadian-kejadian yang mengancam nyawa seseorang.

“Khusus untuk GBLA, tentu kami harus bisa memastikan. Pertama, tentang kelayakan secara teknis, yang kedua adalah kenyamanan dan ketiga adalah pengamanannya,” jelas dia.

Baca Juga: Menpora Restui Stadion GBLA Jadi Homebase Persib di Liga I Indonesia 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya