Film KPK Endgame Diputar di Bandung, Ini 7 Lokasi Penayangannya

Yuk kita nonton langsung kesaksian pegawai KPK gagal TWK

Bandung, IDN Times - Film KPK Endgame yang dibesut Dandhy Laksono berdasarkan wawancara sejumlah pegawai komisi pemberantasan korupsi (KPK) sudah bisa ditonton. Film ini menjabarkan bagaimana puluhan pegawai KPK yang tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) merasa bahwa tes tersebut merupakan agenda melemahkan lembaga antirasusah tersebut.

Film KPK Endgame pun sudah bisa ditonton di sejumlah daerah sejak Sabtu (5/6/2021). Di Kota Bandung, setidaknya ada tujuh tempat yang bisa digunakan untuk menyaksikan film tersebut. Nonton bareng atau nobar pun akan digelar hari ini, Minggu (6/6//2021) secara serentak.

Berikut tempat yang bisa kita datangi beserta nomor kontak penyelenggara pemutaran film:

Film KPK Endgame Diputar di Bandung, Ini 7 Lokasi PenayangannyaTwitter/Dandhy Laksono

Berikut tempat yang bisa kita datangi beserta nomor kontak penyelenggara pemutaran film:

1. Spesies Coffee - 18.00 WIB oleh LPM Suaka UIN Bandung/089652543830

2. Kantor Kelurahan Jatihandap - 18.00 WIB oleh Karang Taruna Jatimandiri/082125002724

3. Kampus STIPI Bandung - 19.00 oleh Lingkar Pemuda Kepulauan (Bandung)/082130784113

4. Bonafe (Kebon Kafe) - 19.00 Sahabon (Sahabat Kebon)/089665810672

5. Perpustakaan Jalanan Bashar-20.00 Spesies Coffe 2/085740084801

6. 3 pm coffee & tea-19.30 Kedai 3pm Coffee&Tea/083112742445

7. Bukan Pemantik (Departemen Sosial Politik dan Dinamisasi Kampus BEM Kema Polban) - 17.00 WIB di Komplek Bumi Sukagalih Permai C-97, Desa Sangkanhurip, Kecamayan Katapang/082127074353

1. KPK sebut 75 pegawai yang tak lolos TWK berintegritas tinggi

Film KPK Endgame Diputar di Bandung, Ini 7 Lokasi PenayangannyaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sebanyak 1.271 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah dilantik menjadi aparatur sipil negara (ASN). Di sisi lain, 51 orang belum dilantik karena belum lulus tes wawasan kebangsaan dan 24 bakal dipecat karena mendapat rapor merah.

Meski demikian, Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK bidang Pencegahan, Ipi Maryati, mengakui kinerja dari 75 pegawai yang dimaksud sudah terbukti.

"Kami juga berharap 75 insan KPK lainnya yang saat ini belum dilantik tetap bersama kami memperkuat barisan pemberantasan korupsi. Integritas dan komitmen mereka telah dibuktikan dalam pemberantasan korupsi di KPK," jelas Ipi dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Kamis (3/6/2021).

2. Namun komitmen pegawai KPK gak berubah

Film KPK Endgame Diputar di Bandung, Ini 7 Lokasi PenayangannyaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Setelah dilantik menjadi ASN, 1.271 pegawai KPK telah kembali bekerja seperti biasa. Ipi menegaskan komitmen pegawai KPK tak berubah meski status pegawainya berbeda.

"Dengan nilai-nilai integritas yang ditanamkan, seluruh insan KPK bekerja demi mewujudkan harapan publik untuk Indonesia yang adil, sejahtera, dan bebas dari korupsi," ujarnya.

3. KPK diklaim tetap bekerja maksimal

Film KPK Endgame Diputar di Bandung, Ini 7 Lokasi PenayangannyaKetua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan keterangan terkait pelantikan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di gedung KPK, Jakarta, Selasa (1/6/2021). KPK resmi melantik 1.271 pegawai yang lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk menjadi ASN. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Ipi meyakini harapan masyarakat sangat besar terhadap KPK. Karena itu, pihaknya mengklaim bakal tetap bekerja maksimal terlebih UU 19/2019 tentang KPK mengamanatkan lembaga antirasuah itu bertanggung jawab kepada publik atas pelaksanaan tugasnya.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengambil peran dalam pemberantasan korupsi dan mengawal kinerja KPK ke depan," jelasnya.

4. Novel Baswedan minta hasil TWK dipaparkan secara transprasn

Film KPK Endgame Diputar di Bandung, Ini 7 Lokasi PenayangannyaANTARA FOTO/Reno Esnir

Sementara itu, Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK Yudi Purnomo Harahap yang mewakili Novel Baswedan dan pegawai-pegawai yang gagal dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) menuntut transparansi tes tersebut. Permintaan itu sudah disampaikan ke PPID (pejabat pengelola informasi dan dokumentasi) KPK melalui email.

"Kami meminta berdasarkan undang-undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, karena bagi kami KPK adalah lembaga penegak hukum dengan azas transparansi dan akuntabilitas," kata Yudi, kepada wartawan, Jumat (4/6/2021).

Yudi mengatakan ada delapan poin yang disampaikan mengenai hasil TWK. Delapan hal itu adalah:

1. Kami minta adalah asil asesmen TWK kami pribadi masing-masing

2. Kertas kerja penilaian lengkap dari BKN yang sekurang-kurangnya memuat metodologi penilaian, kriteria penilaian, rekaman/hasil wawancara, analisisnya seperti apa kemudian sarannya Seperti apa dan nama dari asesor Siapa saja.

3. Dasar acuan penentuan unsur unsur yang diukur dalam asesmen tersebut

4. Penentuan kriteria memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat seperti apa indikatornya.

5. Penentuan dan dasar penunjukan dari asesor

6. Data-data yang diberikan oleh KPK kepada asesor, jadi kami ingin tahu apa saja yang diberikan oleh KPK kepada asesor untuk menanyai kami

7. Kertas kerja

8. Berita acara penentuan lulus atau tidak lulus dari pewawancara

Baca Juga: Kuliah Umum Soal KPK Diretas Pakai Video Porno, USU Belum Lapor Polisi

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Tak Datang, Debat Tes Wawasan Kebangsaan Batal

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya