Farhan-Erwin Dapat Nomor Urut 3: Simbol Kearifan Lokal Warga Sunda

Nomor ini punya makna kebaikan

Bandung, IDN Times - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Farhan-Erwin mendapat nomor urut tiga dalam pengundian nomor oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung. Nomor urut ini pun dianggap memiliki makna mendalam dalam falsafah kehidupan Masyarakat Sunda, Tri Tangtu.

Falsafah Tri Tangtu merupakan pandangan hidup yang mengatur tingkah pola kehidupan masyarakat dalam hubungan sosial, politik, ekonomi, religi bahkan seluruh aspek kehidupan harus berlandaskan falsafah Tri Tangtu.

1. Nomor ini punya makna mendalam

Farhan-Erwin Dapat Nomor Urut 3: Simbol Kearifan Lokal Warga SundaIDN Tmes/Istimewa

Muhammad Farhan, calon wali kota Bandung mengatakan, Tri Tangtu adalah sistem pemerintahan tradisional di tatar Sunda yang terdiri dari Rama dan Resi yaitu hormat, memuliakan, dan menjaga orang tua dan guru serta Ratu, yaitu amanah, menjalankan fungsi pemerintahan yang merawat Bandung beserta isinya.

Nomor urut tiga yang kami peroleh adalah nomor istimewa karena melambangkan kearifan dan filosofi yang dalam. Saat menyusun program Bandung Utama, Farhan dan Erwin melalui tiga tahapan proses, yaitu memperhatikan apa yang sudah dilakukan pemimpin Bandung di masa lalu, kemudian melihat situasi Bandung saat ini dan berusaha memproyeksikan apa yang harus kami siapkan untuk Bandung di masa depan.

"Ini adalah tiga proses yang menurut kami sangat penting,” kata Farhan usai kegiatan, Senin (23/9/2024) malam.

2. Angka tiga melambangkan kebaikan

Farhan-Erwin Dapat Nomor Urut 3: Simbol Kearifan Lokal Warga SundaDok. Instagram Farhan

Sementara itu Erwin menyebut bahwa angka tiga melambangkan kelengkapan dan kebaikan. Itu sebabnya saat berwudhu kita menyempurnakannya dengan melakukan basuhan sebanyak tiga kali.

"Semoga angka tiga ini kami, pasangan Farhan-Erwin dapat menjadikan Kota Bandung yang lengkap kebaikannya dan keutamaannya,” ujar Erwin.

3. Mari kita cari pemimpin terbaik

Farhan-Erwin Dapat Nomor Urut 3: Simbol Kearifan Lokal Warga SundaDok. Humas Pemkot Bandung

Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara yang hadir dalam rapat pleno penetapan nomor urut menyampaikan bahwa ini bukan sekadar seremoni saja, melainkan sebuah acara penting dalam perjalanan demokrasi di Kota Bandung.

"Pada intinya, malam ini kita semua harus menjaga sebuah proses yang sangat penting bagi Kota Bandung," ujar Koswara.

Ia berharap, ikhtiar masyarakat dalam memilih pemimpin mendapat berkah dan Kota Bandung dapat menyambut pemimpin yang amanah dalam melanjutkan pembangunan.

"Semoga ikhtiar kita memilih pemimpin Kota Bandung diridhoi Allah dan Kota Bandung mendapat pemimpin yang amanah dalam melanjutkan pembangunan," ujarnya.

Baca Juga: Terpilih Secara Aklamasi, Karang Taruna Kota Bandung Siap Ulang Prestasi Tingkat Nasional

Baca Juga: KPU Kota Bandung Tetapkan Empat Paslon pada Pilkada 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya