Dua Anggota Keluarga Kadis Jabar yang Meninggal Ikut Terpapar COVID-19

Semoga pasien yang meninggal karena virus tidak bertambah

Bandung, IDN Times - Mantan Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung yang juga sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pemprov Jabar Muhamad Solihin meninggal dunia setelah sebelumnya juga terinfeksi virus corona berdasarkan hasil swab test. Hal tersebut dibenarkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jabar, Daud Achmad.

"Iya (positif)" kata dia melalui pesan singkat, Kamis (2/7).

Daud mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan tes kepada anggota keluarga Solihin dan didapati ada dua anggota keluarga almarhum positif terinfeksi virus corona.

"Dua orang yang positif," ucap dia.

1. Keluarga yang terpapar saat ini berada di ruang isolasi

Dua Anggota Keluarga Kadis Jabar yang Meninggal Ikut Terpapar COVID-19Foto hanya ilustrasi. (IDN Times/M Faiz Syafar)

Daud memastikan, anggota keluarga yang positif telah diisolasi di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). Sedangkan, anggota keluarga lainnya yang dites swab turut diisolasi namun di kediamannya masing-masing. Ke depan, pelacakan juga terus dilakukan.

"Tracing terus dilakukan dan ditindaklanjuti dengan langkah yang diperlukan misalnya swab, isolasi, dan sebagainya," tutur dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Solihin sempat merasakan gejala demam pada tanggal 26 Juni lalu kemudian dirujuk ke rumah sakit sesuai prosedur penanganan COVID-19. Sehari setelahnya atau tanggal 27 Juni, almarhum menjalani tes swab dan hasilnya keluar tanggal 29 Juni.

Almarhum menjalani isolasi di RS Santo Boromeus dan meninggal dunia pada tanggal 1 Juli. 

2. Ridwan Kamil ikut berbelasungkawa

Dua Anggota Keluarga Kadis Jabar yang Meninggal Ikut Terpapar COVID-19Instagram/Ridwan Kamil

Gubernur Jabar Ridwan Kamil ikut berbelasungkawa atas meninggalnya Solihin. "Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, saya turut berduka yang sangat mendalam, atas kehilangan seorang ASN senior terbaik Pemprov Jabar yang mendampingi saya selama ini," kata dia.

Emil berdoa agar keluarga almarhum diberi keluasan, kesabaran, ketabahan, dan kekuatan.

"Semoga diterima amal ibadahnya, dilapangkan kuburnya dan diberikan kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan," ucapnya.

3. Dimakamkan dengan protokol COVID-19

Dua Anggota Keluarga Kadis Jabar yang Meninggal Ikut Terpapar COVID-19Ilustrasi. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Jenazah Solihin dimakamkan di TPU Cikadut, Kota Bandung, Rabu (1/7) malam, dengan menerapkan protokol kesehatan. Prosesi pemakaman dipimpin langsung oleh Inspektur Provinsi Jabar. Hadir pula Divisi Pengamanan dan Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Jabar, Satpol PP, dan unsur Inspektorat.

Kepergian Solihin, lanjut Emil, sangat mengejutkan. Sebab, pada Jumat (12/6), ia secara resmi melantik Solihin sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan.

"Pertemuan terakhir dengan beliau, sekitar seminggu yang lalu ketika beliau mendapatkan penugasan baru sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan di Pemprov Jabar. Berita ini sangat mengejutkan dan kami sangat kehilangan," katanya.

4. Sempat ditugaskan di tempat isolasi OTG COVID-19

Dua Anggota Keluarga Kadis Jabar yang Meninggal Ikut Terpapar COVID-19ilustrasi ruang isolasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Di sisi lain, Emil menilai sosok Solihin adalah pahlawan yang membantu mengurusi ratusan Pasien OTG Covid di Gedung BPSDM Cimahi, termasuk warga Jabar dari luar negeri sehingga banyak yang sembuh.

Baca Juga: [BREAKING] Muhamad Solihin, Mantan Pjs Wali Kota Bandung Meninggal Dunia 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya