DPRD Imbau Saber Pungli Bandung Banyak Bekerja di Lapangan

Jangan sampai ada pungli lagi di Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung mengimbau tim Saber Pungli (sapu bersih pungutan liar) bisa bekerja lebih optimal. Mereka harus turun ke lapangan untu melakukan pengecekan di titik-titik yang memungkinkan adanya pungli seperti pasar rakyat.

Ketua DRPD Bandung Tedy Rusmawan mendorong agar saber pungli bisa melakukan pengecekan setelah adanya oknum pungutan liar di Pasar Caringin. Sebagai satuan tugas di bawah Pemkot Bandung sudah semestinya mereka bekerja agar kegiatan ekonomi warga tidak dimanfaatkan oknum tertentu.

"(Bekerja) Secara optimal, sebagai studi kasus ya pasar caringing dari laporan masyarakat," ujar Tedy ditemui di kantornya, Senin (16/8/2021).

1. Jangan sampai kasus di TPU Cikadut terulang

DPRD Imbau Saber Pungli Bandung Banyak Bekerja di Lapangandok.IDN Times

Tedy pun meminta Pemkot Bandung serius menangani persoalan pungutan liar. Jangan sampai kasus seperti di TPU Cikadut di mana banyak warga dimintai uang saat akan memakamkan pasien COVID-19 terulang.

"Makanya (saber pungli) harus didorong. Ya gimana kalau terakhir malah di kepolisian ini dan nantinya malah hanya mis-komunikasi," ungkap Tedy.

2. Pemkot Bandung minta polisi tindak tegas oknum pungli

DPRD Imbau Saber Pungli Bandung Banyak Bekerja di LapanganIDN Times/Humas Bandung

Pemerintah Kota Bandung meminta aparat kepolisian menindak tegas oknum yang melakkan pungutan liar (pungli) di Pasar Caringin. Oknum ini harus mendapat ganjaran dari aksinya yang bisa merugikan masyarakat.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, Pasar Caringin sebenarnya bukan berada di bawah ranah Pemkot Bandung. Meski demikian, karena pasar ini berada di wilayah Bandung maka apapun yang terjadi termasuk pungli harus ditiadakan.

"Kalau itu sudah muncuk ke publik saya harap itu diselesaikan secara perundang-undangan," kata Oded ditemui di Gedung DPRD Jabar, Senin (16/8/2021).

3. Segera proses hukum oknum tersebut

DPRD Imbau Saber Pungli Bandung Banyak Bekerja di LapanganPexels.com/pixabay

Oded pun meminta aparat penegak hukum bisa melakukan proses penyelidikan dengan cepat. Jangan sampai kejadian seperti ini terulang di Pasar Caringan dan pasar lainnya yang ada di Kota Bandung.

"Saya berharap walau caringin swasta. Saya berharap untuk pasar milik pemkot 37 pasar, Pak Dirut (PD Pasar) dan jajaran harus mengambil pelajaran," ujar Oded.

Baca Juga: Viral, Diduga Banyak Pungli di Pasar Caringin Bandung

Baca Juga: Pemkot Bandung Minta Polisi Tindak Tegas Oknum Pungli Pasar Caringin

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya