Disperindag Jabar Terapkan Zona Integritas Layanan Tingkatkan Kinerja

Perbaikan pelayanan untuk masyarakat jadi yang paing utama

Bandung, IDN Times - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat (Jabar) mulai menerapkan zona integritas layanan. Upaya ini sebagai bentuk dalam peningkatan kualitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Diseperindag Jabar Arifin Soedjayana mengatakan,zona integritas ini dibentuk sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) di mana pemerintah provinsi berupaya memperbaiki reformasi birokrasi.

"Pas evaluasi dalam rapat pimpinan saya mendengar hanya ada BPMPTSP saja yang sudah menerapkan zona integritas. Makanya kita ingin coba gerak untuk menerapkan program serupa," ujar Arifin di kantornya, Senin (16/3).

1. Kinerja dinas bisa lebih efisien dan efektiv dengan program ini.

Disperindag Jabar Terapkan Zona Integritas Layanan Tingkatkan KinerjaIDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menuturkan, program ini sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan dinas. Padahal program ini bisa membuat kinerja kedinasan semakin baik dalam memberikan pelayanan.

Dia pun yakin dengan zona integritas ini pelayanan kepada kinerja akan lebih baik, efisiensi pelayanan, efektivitas pelayanan. " Saya yakin bisa kok (menjalankan ini, nggak ada hal yang susah ya," ujarnya.

2. Evaluasi penerapan zona integritas dilakukan bertahap

Disperindag Jabar Terapkan Zona Integritas Layanan Tingkatkan KinerjaPetugas menyeleksi sarang burung walet untuk diekspor ke luar negeri (Istimewa)

Menurutnya, penerapan zona integritas ini pun pasti harus dievaluasi. Sehingga jangan sampai dinasnya merasa sudah melakukan semuanya padahal belum sesuai dengan standar standar yang memang diterapkan di reformasi birokrasi.

"Khusus untuk kawasan zona integritas ini dalam artian tadi ada tagline-nya no korupsi bebas korupsi Insya Allah di Dinas Perindustrian Perdagangan tidak akan terjadi hal seperti itu," paparnya.

Dikatakan Arifin, zona integritas ini terutama untuk bidang yang memberikan pelayanan langsung pada masyarakat. Misalnya, layanan yang terkait dengan surat keterangan asal barang untuk ekspor.

"Itu yang akan kita coba prioritaskan," kata dia.

3. Masyarakat memang menginginkan adanya perubahan birokrasi yang lebih baik

Disperindag Jabar Terapkan Zona Integritas Layanan Tingkatkan KinerjaIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Asisten Administrasi Setda Provinsi Jabar Dudi Abdurachim, pencanangan ini berkaitan dengan hasil rekomendasi audit inspektorat. Masyarakat pun, menginginkan adanya perwujudan good governance yang lebih baik di lingkungan Pemprov Jabar.


"Ini langkah baik di bidang perindustrian dan perdagangan, melakukan launching dan tanda tangan pakta integritas oleh staf," katanya.

Dudi menilai, dengan adanya zona integritas ini akan ada kejelasan untuk pelayanan masyarakat lebih baik. "Nanti akan memudahkan di bidang industri dan perdagangan," katanya.

Baca Juga: Menpan Imbau PNS Kerja dari Rumah, Bagaimana dengan Pelayanan Publik? 

Baca Juga: Dianggap Sukses, Bandung Belajar Mal Pelayanan Publik ke Banda Aceh 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya