Disparbud Jabar Bidik Lima Wilayah untuk Daftar Wisata MICE

Jumlah wisatawan ke Jabar menurun tahun ini

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat (Jabar) tengah menyusun strategi pengembangan wisata baru yang masuk dalam kategori Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE). Sedikitnya terdapat lima wilayah yang memiliki fasilitas yang mendukung. Kelima daerah tersebut antara lain Bogor-Sukabumi, Bekasi-Karawang, Bandung, Pangandaran dan Cirebon.

“Rencananya, wilayah-wilayah tersebut dipilih karena adanya akses dan atraksi. Seperti contoh di Sukabumi ada Palabuhan Ratu dan Geopark Ciletuh. Jadi, wisatawan bisa lebih lama menetapnya,” kata Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik, Selasa (12/11).

1. Jabar saat ini menjadi kawasan untuk menggelar kegiatan formal terbesar ketiga

Disparbud Jabar Bidik Lima Wilayah untuk Daftar Wisata MICEhttp://rovers.id/

Disparbud mencatat saat ini Jawa Barat merupakan tujuan wisatawan MICE ketiga di Indonesia yang sering dikunjungi setelah Jakarta dan Yogyakarta. Untuk menjadikan Jabar sebagai provinsi paling tinggi didatangi maka berbagi destinasi yang ada harus dikembangkan.

Dedi mengatakan, wisata MICE memiliki sembilan pilar yang harus difokuskan antara lain penguatan kelembagaan, peningkatan mobilitas, infrastruktur, sumber daya manusia dan teknologi, penguatan riset dan citra destinasi.

"Selain itu kita juga harus menjaga kearifan lokal karena ini penting dalam meningkatkan nilai sebuah destinasi," papar Dedi.

2. Konsep wisata ini bisa membuat wisatawan lebih lama tinggal

Disparbud Jabar Bidik Lima Wilayah untuk Daftar Wisata MICEANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Sementara itu, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) menilai wisata MICE tidak boleh disepelekan. Ketua GIPI Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan, MICE merupakan jenis wisata yang menguntungkan karena wisatawannya cenderung tinggal lebih lama dan menghabiskan uang lebih banyak.

“Wisatawan MICE bisa spending tiga kali lipat daripada wisatawan leisure,” ujar Herman.

3. Kunjungan wistawan di Jabar belum tinggi

Disparbud Jabar Bidik Lima Wilayah untuk Daftar Wisata MICESumber Gambar: owtop.com

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel di Jawa Barat pada September 2019 mencapai 47,57 persen, naik 1,31 persen dibandingkan TPK Agustus 2019 yang mencapai 46,26 persen. Baik TPK hotel bintang maupun nonbintang mengalami peningkatan. 

Meski demikian, angka secara tahunan (year on year/YoY) justru masih jelek. BPS mencatat ada penurunan sekitar 9, 42 persen pada September 2019 dibandingkan September 2018.

Kedatangan tamu mancanegara melalui Bandara Husein Sastranegara pada September 2019 sebanyak 12.917 orang mengalami penurunan 7,96 persen dibanding Agustus 2019 yang tercatat 14.034 orang. Wisman yang datang melalui Pelabuhan Muarajati Cirebon seluruhnya adalah crew kapal sebanyak 111 orang, naik 16,87 persen dibanding Agustus 2019 yang tercatat sebanyak 95 orang.

Baca Juga: Tak Hanya Alamnya, Waduk Jatiluhur Gali Potensi Wisata di 3 Bidang Ini

Baca Juga: Jabar International Marathon 2019 Sekaligus Promosikan Pariwisata Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya