Disdik Jabar Sediakan 10 Ribu Rumah Subsidi untuk Guru Non-PNS

Penjaga sekolah di Jabar bisa dapat rumah murah

Bandung, IDN Times - Dinas Pendidikan Provisi Jawa Barat tengah menyiapkan program bagi guru non-pegawai negeri sipil (PNS) hingga penjaga sekolah agar bisa mendapatkan rumah subsidi. Melalui program Bakti Padamu Guru, Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar berupaya untuk memenuhi kebutuhan para guru non-PNS serta tenaga pendidikan untuk bisa memiliki rumah.

Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi menuturkan, program tersebut muncul ketika para guru terutama non-PNS menyampaikan aspirasi terkait kebutuhan tempat tinggal. Sebab, mayoritas guru non-PNS serta tenaga pendidikan lainnya hingga kini masih banyak yang belum memiliki rumah.

"Adanya masuk aspirasi dari teman-teman guru mereka belum punya rumah. nah itu yang kita lakukan langkah-langkah dan kita juga koordinasi dengan kementerian PUPR, dengan bank," kata Dedi Supandi, Selasa (17/11/2020).

1. Program ini akan digulirkan bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional

Disdik Jabar Sediakan 10 Ribu Rumah Subsidi untuk Guru Non-PNS(Ilustrasi rumah subsidi) ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Dedi mengaku, program rumah subsidi tersebut rencananya akan dimulai bertepatan dengan Hari Guru Nasional pada 25 November mendatang. Saat ini Disdik Jabar terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait agar program Bakti Padamu Guru bisa berjalan sesuai rencana dan membantu para guru non-PNS serta tenaga pendidikan untuk segera memiliki rumah.

"Di mana Bakti Padamu Guru ini menghadirkan nanti perumahan-perumahan yang bersubsidi bagi teman-teman non-PNS, bisa juga penjaga sekolah, dan juga bisa guru sekolah SMP, SD," paparnya.

2. Uang muka dan cicilan rumah ini cukup terjangkau

Disdik Jabar Sediakan 10 Ribu Rumah Subsidi untuk Guru Non-PNSIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia memastikan, rumah subsidi tersebut harganya akan terjangkau, baik uang muka serta cicilan bagi para penerima manfaat. Namun terkait nilainya, Dedi mengaku masih membahas dengan beberapa bank dan properti Indonesia yang bakal menjalin kerja sama.

"Sehingga dengan subsidi perumahan yang harganya relatif murah dan cicilan terjangkau, saya berharap tidak ada lagi guru-guru non-PNS atau penjaga sekolah tidak mempunyai rumah. Artinya dalam aspek aspirasi papan kita lakukan beberapa inovasi sehingga program Bakti Padamu Guru menjadi bagian yang akan kita lakukan kepada teman-teman guru yang non-PNS termasuk penjaga sekolah," ungkapnya.

3. Diperkirakan tahap awal akan dibangun 10 ribu unit

Disdik Jabar Sediakan 10 Ribu Rumah Subsidi untuk Guru Non-PNSWarga melintas di depan rumah komplek KPR bersubsidi di Desa Lam Ujong Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Aceh, Senin (3/8/2020). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Dedi menuturkan, perumahan bersubsidi tersebut rencananya akan dibangun di beberapa daerah di antaranya Kabupaten Bandung, Cirebon, Sumedang, dan Indramayu. Program tersebut pun akan diluncurkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di salah satu daerah tersebut.

"kalau kita hitung secara total bisa mencapai hampir 10 ribu unit rumah," tegasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya