Disanksi PSSI, Laga Persib vs Persija di SJH Bakal Tanpa Penonton

Ini karena kerusuhan Bobotoh kemarin

Bandung, IDN Times - Kericuhan yang terjadi antara suporter Persib dan PSIS yang terjadi dalam pertadingan awal pekan ini di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), membuat manajemen Maung Bandung harus menerima sanksi dari PSSI.

Melalui surat nomor 191/L1/SK/KD-PSSl/III/2024, PSSI menilai bahwa Persib Bandung melanggar kode disiplin PSSI tahun 2023, karena terjadi kerusuhan dan penganiayaan di luar permeter stadion yang dilakukan suporter pascapertandingan.

"Dan diperkuat dengan bukti-bukti yang menegaskan terjadinya pelanggaran disiplin," kata PSSI mengutip surat tersebut.

1. Harus bayar Rp25 juta

Disanksi PSSI, Laga Persib vs Persija di SJH Bakal Tanpa PenontonPersib.co.id

Merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2023, Klub Persib Bandung dikenakan sanksi larangan menyelenggarakan
pertandingan dengan penonton sebanyak 1 (satu) pertandingan saat menjadi tuan rumah, sejak keputusan ini diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat.

Kemudian, ada denda sebesar Rp25 juta yang harus dibayakan. Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman
yang lebih berat. PSSI pun mempersilakan jika Persib Bandung ingin melakukan banding atas putusan ini.

2. Manajemen Persib siap banding

Disanksi PSSI, Laga Persib vs Persija di SJH Bakal Tanpa PenontonPersib.co.id

Terkait dengan surat ini, Head of Communication PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Adhi Pratama menyebut telah mendapatkan informasi tersebut. Manajemen pun tengah melakukan koordinasi utuk mengajukan keberatan atas surat yang dilayangkan PSSI.

"Siap, sedang koordinasi. Semoga tiasa ngajukeun (bisa mengajukan) banding," kata Adhi, Minggu (3/3/2024).

3. Koordinasi dengan polisi pun terus dijalin

Disanksi PSSI, Laga Persib vs Persija di SJH Bakal Tanpa PenontonTangkapan layar video antara suporter Persib dan PSIS di Stadion SJH, Selasa (27/2/2024). Dokumen IDN Times

Sebelumnya, Vice President Operation PT PBB, Andang Ruhiat, mengatakan, untuk saat ini pihaknya sedang berkoordinasi terlebih dahulu dengan beberapa pihak terkait atas kejadian tersebut. Oleh karena itu, ia meminta agar semua pihak bisa bersabar.

"Kami belum bisa memberikan statement apa pun. Kami sedang melakukan koordinasi dengan semua manajemen dan pihak kepolisian. Tunggu saja," ujarnya saat diwawancarai pada Jumat (1/3/2024).

Selain itu, Andang mengungkapkan, ia belum bisa memberikan kepastian apakah laga Persib vs Persija Jakarta akan terdampak oleh kejadian di laga pekan ke-26 Liga 1 2023/2024 tersebut.

"Terkait laga lawan Persija Jakarta tanpa penonton atau pindah home base, kami masih koordinasi juga. Tunggu saja," katanya.

Baca Juga: Rusuh Suporter Persib vs PSIS, Polisi Salahkan Panpel yang Jual Tiket

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya