Digelar Pekan Depan, Asia Afrika Festival Dihadiri 28 Delegasi Negara

Puluhan umkm pun akan meramaikan kegiatan ini

Bandung, IDN Times - Kegiatan Asia Afrika Festival (AAF) akan kembali digelar di Kota Bandung. Tahun ini acara tersebut diselenggarakan pekan depan, 6-7 Juli 2024.

Tahun ini, AAF akan diikuti 28 delegasi dari negara Asia dan Afrika. Jumlah delegasi ini lebih banyak dari AAF tahun 2023 yang berjumlah 17 delegasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengajak seluruh pelaku usaha di Kota Bandung.

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, AAF tahun ini akan terselenggara secara baik bila ada peran serta seluruh stakeholder termasuk para pelaku usaha.

"Asia Afrika Festival ini hajatnya Kota Bandung. Nama Kota Bandung dipertaruhkan di tingkat internasional. Mari kita bersama sama menyajikan 'someahna' Kota Bandung supaya bernilai dan menyampaikan ke negaranya masing masing," kata Bambang saat memimpin rapat koordinasi bersama para pelaku usaha Braga Pendek di Braga Permai, melalui siaran pers dikutip Minggu (30/6/2024).

1. Dimeriahkan puluhan UMKM lokal

Digelar Pekan Depan, Asia Afrika Festival Dihadiri 28 Delegasi NegaraIDN Times/Debbie Sutrisno

Bambang menyebut, tahun ini AAF akan lebih meriah dengan kehadiran Asia Afrika Corner yang diisi oleh 40 stan UMKM. Untuk itu peran pelaku usaha ini sangat penting untuk kesuksesan AAF tahun ini.

"Akan ada penutupan di Braga Pendek untuk Asia Afrika Corner. Untuk itu kami undang para pelaku usaha di sana. Karena harus ada komitmen bersama. Kami ingin berkolaborasi, pemerintah tidak bisa apa apa kecuali kita bersama," ujarnya.

Bambang berharap, terselenggaranya AAF akan mendongkrak pariwisata dan memacu laju pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung.

"Ini adalah hajat kita semua. Terima kasih atas dukungannya. Mari kita sama-sama sukseskan AAF ini supaya orang berbondong-bondong datang ke Kota Bandung," harapnya.

2. Jadi momen tingkatkan perekonomian masyarakat

Digelar Pekan Depan, Asia Afrika Festival Dihadiri 28 Delegasi Negarailustrasi ekonomi Indonesia Tumbuh Pesat di Kuartal Kedua 2024 (google.com/iNews)

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eric Mohamad Atthauriq juga berharap, momentum Asia Afrika Festival bisa memberikan daya dongkrak ekonomi di Kota Bandung.

"Ekonomi Kota Bandung pada tahun 2023 sempat mengalami perlambatan. Ini momentum untuk mendongkrak ekonomi Kota Bandung. Terutama meningkatkan daya dongkrak pelaku usaha di sekitar alun alun dan Braga," katanya.

3. Banyak hotel sudah dipesan untuk acara ini

Digelar Pekan Depan, Asia Afrika Festival Dihadiri 28 Delegasi NegaraIlustrasi Hotel.

Eric mengungkapkan, peningkatan ekonomi itu sudah terlihat oleh tingkat okupansi hotel di sekitar area Asia Afrika yang meningkat mencapai 100 persen.

"Okupansi hotel sudah penuh. Saat Covid-19 okupansi menurun. Harapannya okupansi hotel penuh termasuk para pelaku usaha yang semakin ramai. Semoga pelaku usaha mendapatkan manfaat ekonomi dari AAF ini," ungkapnya.

Sebagai informasi, sejumlah pelaku usaha hadir dalam rapat koordinasi tersebut mulai dari de Barga Hotel, Kimaya Hotel, Jabarano, Kimia Farma, Katsunayaka, Starbucks, dan pelaku usaha lainnya. Pada rapat tersebut para pelaku usaha di Jalan Braga Pendek sepakat dan berkomitmen untuk bersama menyukseskan Asia Afrika Festival tahun 2024.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya