Diduga Tertular Virus Corona, KCIC Benarkan Pasien adalah Pekerjanya

RSHS Bandung sudah melakukan pemeriksaan terhadap dua pasien

Bandung, IDN Times - PT. Kereta Api Cepat Indonesia-Cina (KCIC) mengonfirmasi bahwa pasien asal Cina yang dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) adalah salah satu pekerjanya. Humas PT. KCIC, Deny Yusdiana mengatakan, penanganan kesehatan dari Rumah Sakit Kawaluyaan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga dirujuk ke RSHS adalah prosedur preventif dalam menangani karyawan yang sedang sakit.

“Pasien tersebut adalah salah satu pekerja dari kontraktor proyek KCJB (Kereta Cepat Jakarta-Bandung). Ini adalah prosedur preventif, jadi semua pekerja yang menunjukkan gejala demam dan flu serta memiliki riwayat perjalanan keluar negeri maka manajemen kereta cepat langsung memintakan segera dirujuk ke rumah sakit agar segera ditangani,” katanya ketika dihubungi, Senin (27/1).

1. Prosedur pemeriksaan sudah diterapkan

Diduga Tertular Virus Corona, KCIC Benarkan Pasien adalah PekerjanyaKonferensi di Rumah Sakit Hasan Sadikin/RSHS Bandung terkait virus corona (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Menurutnya, proyek KCJB telah menerapkan prosedur pemeriksaan kesehatan bagi segenap tenaga kerja yang bergabung bahkan sebelum wabah Corona menyebar. Itu dilakukan guna memastikan kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja di sekitar lingkungan proyek.

Sejak awal terjadinya wabah Corona, KCIC selaku pemilik proyek KCJB telah memberlakukan prosedur pemeriksaan kesehatan bagi seluruh karyawan KCIC dan seluruh kontraktor KCJB yang baru tiba dari perjalanan (bahkan transit) dari luar negeri.

Penanganan itu pun berlaku bagi keluarga serta tamu yang mengunjungi proyek KCJB sebagai tindakan pencegahan masuknya virus Corona ke lingkungan kerja KCJB.

Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan bekerja sama dengan beberapa rumah sakit yang ada di Jakarta dan Bandung dengan pola standar yang diberlakukan untuk menangani penyakit menular.

2. Setiap pegawai juga sekarang sudah diminta lebih waspada atas penyebaran virus

Diduga Tertular Virus Corona, KCIC Benarkan Pasien adalah PekerjanyaANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Di sisi lain tindakan antisipasi lainnya juga diberlakukan seperti mewajibkan setiap karyawan untuk menggunakan masker di lingkungan kerja KCJB serta tindakan-tindakan pencegahan lainnya sesuai dengan yang dihimbau oleh Kementerian Kesehatan.

“Saat ini Manajemen KCIC bekerja sama dengan seluruh kontraktor yang terlibat dalam proyek KCJB untuk terus melakukan monitoring terhadap TKA yang keluar masuk proyek termasuk dengan update kondisi kesehatannya,” kata dia.

3. Pasien sudah berada di Indonesia sejak 12 Januari

Diduga Tertular Virus Corona, KCIC Benarkan Pasien adalah PekerjanyaKonferensi di Rumah Sakit Hasan Sadikin/RSHS Bandung terkait virus corona (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Pihak RSHS Bandung saat ini memang tengah merawat dua pasien yang mengalami gangguan pernapasan berat dan sakit dengan ciri-ciri terjangkit virus Corona. Salah satu pasiennya merupakan warga negara Cina yang bekerja di Indonesia.

Pekerja ini sudah berada di Indonesia sejak 12 Januari. Namun, baru pada 24 Januari yang bersangkutan mengalami gejala flu, demam, dan penurunan pernapasan.

"Pasien (asal Cina) diisolasi. Kami sudah observasi, gejala inspeksi saluran pernafasan atas," kata Dirut RSHS Bandung Nina Susana Dewi, saat konferensi pers.

RSHS pun sudah mengirimkan sampel kedua pasien ke Litbangkes Kemenkes RI. Diharapkan hasilnya bisa keluar dalam waktu dekat. “Masih kami observasi karena dicurigai gejalanya (virus Corona). Kami juga akan mengirimkan sampel dahak (tenggorokan dan hidung) ke Litbangkes untuk mengetahui positif atau tidaknya,” ujar Nina.

Baca Juga: 9 Update Serangan Virus Corona di Tiongkok yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Belum Dipastikan Corona, WNA di RSUD Dr Soetomo Didiagnosis Bronkitis

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya