Dicari Polisi, Pelaku Pemerasan Warung Kelontong di Bandung Menyerahkan Diri

Pelaku malak dalam keadaan mabuk

Bandung, IDN Times - Seorang pemuda yang melakukan pemerasan menggunakan golok di Kota Bandung, menyerahkan diri ke kepolisian. Pelaku yang masih berusia 16 tahun ini diserahkan pihak keluarga kepada polisi.

Kapolretabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan kepada pelaku, diketahui saat melakukan aksinya ia ditemani seorang lainnya yang saat ini masih buron.

"Ada satu pelaku lainnya, yang masih buron. Saat ini dalam pengejaran," ungkap Budi, saat gelar ungkap kasus di Mapolrestabes, Jumat (25/8/2023).

1. Melakukan aksinya di saat mabuk

Dicari Polisi, Pelaku Pemerasan Warung Kelontong di Bandung Menyerahkan Diripixabay

Hasil pemeriksaan lanjutan, saat melakukan aksinya pelaku juga dalam pengaruh obat-obatan serta mengkonsumsi miras.

Saat ditanyai motif, Budi menyebutkan jika pelaku melakukan pemerasan karena faktor ekonomi. Selain itu, di lingkungan tempat tinggalnya, pelaku oleh masyarakat dianggap meresahkan.

"Karena masih dibawah umur, dalam penanganan kasusnya kita lakukan pendampingan bersama dengan Bapas," ucapnya.

2. Amankan barang bukti berupa golok dan sepeda motor

Dicari Polisi, Pelaku Pemerasan Warung Kelontong di Bandung Menyerahkan DiriIlustrasi penikaman (IDN Times/Reza Iqbal Ghafari)

Pada kasus ini, polisi amankan satu motor yang digunakan saat melakukan aksi pemerasan. Untuk barang bukti golok, saat ini pun dalam pencarian kepolisian.

"Untuk pelaku kita sangkakan pasal 368 KUHPidana," ujar Budi.

3. Palak pedagang warung agar menyerahkan HP

Dicari Polisi, Pelaku Pemerasan Warung Kelontong di Bandung Menyerahkan DiriIlustrasi kekerasan (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, dalam video yang viral di media sosial, seorang remaja hendak memalak pedagang warung kelontong di Kota Bandung terekam kamera CCTV. Peristiwa itu diketahui terjadi di Cigadung, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Senin (21/8/2023) dini hari.

Pada rekaman video tersebut terlihat remaja yang memalak memakai jaket berwarna biru dan masker. Sambil membawa tas selendang, ia memegang senjata tajam jenis golok.

Ia melihat ke area dalam warung yang terdapat pedagang sambil memaksa meminta handphone. Remaja tersebut sambil mengacung-ngacungkan golok ke pedagang.

"HP, HP, HP," ucap remaja tersebut dari rekaman video dikutip IDN Times.

Tidak lama berselang, datang seorang pria dewasa memakai helm dan jaket biru mendekati remaja tersebut. Namun, remaja tersebut berbicara ke pria itu dan akhirnya meninggalkan warung.

Remaja tersebut terus meminta handphone sambil memaksa menerobos masuk dan mengacungkan senjata tajam yang dibawanya.

Baca Juga: Keji! Suami di Tanggamus Bacok Istri dan Anak Tiri Pakai Golok

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya