Dianggap Hanya Jadi Ban Serep Ridwan Kami, Ini Tanggapan Uu Ruzhanul

Kami merupakan satu kesatuan

Bandung, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum sejauh ini dianggap hanya menjadi ban serep bagi sosok Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Berbagai kegiatan strategis dan pernyataan dari pemerintah provinsi mayoritas dilakukan gubernur.

Menanggapi kritikan tersebut, Uu menyebut sebagai wakil gubernur kinerja yang dilakukan memang harus sesuai dengan porsinya. Uu yang sempat menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya pun tahu bahwa posisi sebagai wakil adalah melengkapi kinerja seorang gubernur, tidak harus dua-duanya berada di depan.

"Kalau ada orang menafsirkan saya sebagai ban serep ini itu, itu hak masyarakat," ujarnya.

1. Wajar kalau wakil gubernur berada di belakang gubernur

Dianggap Hanya Jadi Ban Serep Ridwan Kami, Ini Tanggapan Uu RuzhanulIDN Times/Debbie Sutrisno

Uu mengatakan, ketika seorang gubernur ada di Bandung misalnya, maka segala kegiatan pemerintah provinsi (Pemprov) akan dilakukan gubernur. Sedangkan wakil gubernur akan memenuhi undangan acara atau melakukan kegiatan di luar Bandung.

Dengan kondisi ini memang tidak salah ketika masyarakat mentasbihkan seorang wakil hanya menjadi ban serep saja karena memang kegiatannya tidak banyak dan bukan yang utama. "Karena saya kan memang seorang wakil," kata dia.

Sebagai seorang politisi, Uu paham betul posisinya sebagai wakil gubernur memang tidak akan sementereng gubernur di hadapan masyarakat. Sebab kewenangan dan tugas pokok pun berbeda.

2. Membawahi sejumlah bidang

Dianggap Hanya Jadi Ban Serep Ridwan Kami, Ini Tanggapan Uu RuzhanulInstagram/Ruzhanul

Meski hanya duduk sebagai wakil gubernur, Uu menyebut dia memiliki kewajiban mengontrol sejumlah dinas dan lembaga yang berada di bawah pemprov, misalnya badan perencanaan dan pembangunan daerah (Bappeda). Tak hanya itu, wakil juga berurusan dengan persoalan untuk mengentaskan kemiskinan, koordinasi dinas dan hal lain yang tidak tertulis secara formal

"Saya wakil gubernur dan wakil itu tupoksinya jelas. Jangan ingin seperti gubernur dalam kewenangannya," papar Uu.

3. Tidak ada saling sikut antara gubernur dan wakilnya

Dianggap Hanya Jadi Ban Serep Ridwan Kami, Ini Tanggapan Uu RuzhanulInstagram/Ridwan Kamil

Uu pun menegaskan anggapan adanya kerenggangan antara Ridwan Kamil dan dia ditolak mentah-mentah. menurutnya, gubernur dan wakil gubernur saat ini harmonis dan tidak ada ketegangan. Meski jarang duduk bersama dalam sebuah acara bukan berarti mereka berdua tak kompak dalam menjalankan tugasnya.

" Saya dengan Emil (Ridwan Kamil) seperti bangunan yang satu," pungkasnya,

Baca Juga: Jalan Panjang Karir Politik Uu Ruzhanul hingga Menjadi Wakil Gubernur 

Baca Juga: YLKI Dukung Langkah KPAI dan Lentera Anak Terkait Audisi PB Djarum

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya