Di Depan Ridwan Kamil, Iwan Bule Tegaskan Siap Maju Pilgub Jabar 2024

Iwan Bule dulu sempat duduk sebagai gubernur Jabar

Bandung, IDN Times - Mochamad Iriawan atau akrab disapai Iwan Bule menyatakan bahwa dirinya siap maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Pernyataan ini bahkan, dia sampaikan ketika bertemu dengan Ridwan Kamil dalam acara Pemuda Pancasila di Lapangan Gasibu, akhir pekan kemarin.

“Jadi beliau ini (Ridwan Kamil) adalah kawan lama saya, waktu saya kapolda beliau wali Kota Bandung. Saya banyak diskusi, sharing dan kolaborasi. Jadi ini sekalian temu kangen karena sudah lama juga tidak bertemu,” ujarnya Iwan Bulan melalui keterangannya, Senin (20/3/2023).

Disinggung mengenai Pilgub Jabar 2024 mendatang, Iwan Bule pun menyerahkan hal ini pada Allah SWT.

“Semoga yang terbaik dari yang terbaik bisa memimpin Jawa Barat di masa mendatang,”ucapnya.

1. Harap pemilu Jabar berjalan damai

Di Depan Ridwan Kamil, Iwan Bule Tegaskan Siap Maju Pilgub Jabar 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan ketua PSSI ini pun berharap berbagai kegiatan di Jabar termasuk pemilu bisa berjalan damai. Hal ini bisa dilaksanakan dengan bantuan dari berbagai pihak termasuk Pemuda Pancasila.

"Apel tersebut adalah untuk menjaga keutuhan Jawa Barat. Terlebih ada bantuan dari Pemuda Pancasila untuk membantu keamanan di Jawa Barat itu sendiri,” kata Iwan Bule.

Menurutnya, PP merupakan salah satu yang menjaga masyarakat Indonesia.

“Kita tahu pada zaman penjajahan dulu, selain para pahlawan dan santri, Pemuda Pancasila juga berperan besar dalam kemerdekaan Bangsa Indonesia,” ucapnya.

2. Emil sebut keamanan di Jabar sekarang terkendali

Di Depan Ridwan Kamil, Iwan Bule Tegaskan Siap Maju Pilgub Jabar 2024Ilustrasi begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut pada kontestasi politik tahun depan akan ada penambahan 2 juta pencoblos baru di Jabar yang didominasi oleh usia muda. Dia pun meyakini perhelatan politik di Jabar bakal tetap kondusif sebagaimana terjadi pada tahun 2019 lalu.

Emil menuturkan Jabar merupakan provinsi di Indonesia dengan jumlah penduduk paling banyak dibandingkan provinsi lain. Dengan jumlah penduduk yang tinggi, dia menilai Jabar adalah provinsi dengan angka kriminalitas yang rendah.

"Dalam kondusifitas, provinsi dengan tingkat kriminalitas yang rendah terhadap proporsi 50 juta yang sangat besar adalah Jawa Barat," kata Emil.

3. Jabar sekarang dalam kondisi baik

Di Depan Ridwan Kamil, Iwan Bule Tegaskan Siap Maju Pilgub Jabar 2024Pexels.com/Donald Tong

Apabila kondusifitas di Jabar terjaga dengan baik, Emil meyakini kondusifitas di Indonesia ketika helatan Pemilu tahun 2024 juga akan terjaga. Sebab, lanjut dia, jumlah penduduk Jabar mencapai 20 persen dari total penduduk Indonesia.

"Jawa Barat adalah 20 persennya Indonesia, seperlima Indonesia ada di Jawa Barat, kalau ini kondusif dan aman sejahtera artinya seluruh Indonesia akan terinspirasi oleh Jawa Barat," ucap dia.

Dalam kesempatan tersebut, Emil juga mengatakan bahwa Jabar sedang berada dalam kondisi yang baik dengan selalu mengedepankan Gemah, Ripah, Repeh, dan Rapih sebagai slogan. Gemah atau sejahtera, kata dia, dibuktikan dengan tidak adanya lagi jumlah desa tertinggal di Jabar.

"Lalu, yang kedua adalah Ripah atau subur, di mana tongkat yang dilemparkan di tanah Jawa Barat pasti akan jadi tanaman, pabrik banyak tapi sawah terjaga," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya