Demo Anarkis di Mapolda Jabar,  725 Anggota Ormas GMBI Diamankan

Sebagian dari mereka bawa sajam dan pakai narkoba

Bandung, IDN Times - Kepolisian Polda Jawa Barat mengamankan sekitar 725 orang anggota organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia atau GMBI. Mereka melakukan demo secara anarkis di Mapolda Jawa Barat sehingga sejumlah fasilitas pun rusak.

Dalam aksi itu juga terjadi kericuhan antara polisi dan anggota GMBI. Kericuhan muncul karena para anggota ormas melakukan aksi secara brutal.

"Di antara mereka ada 301 orang yang bertato dan 24 residivis," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahmi Tompo, Kamis (27/1/2022) malam.

1. Ada anggota GMBI demo bawa senjata tajam

Demo Anarkis di Mapolda Jabar,  725 Anggota Ormas GMBI DiamankanTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain mengamankan ratusan orang, kepolisian Polda Jabar mendapati adanya sejumlah barang bukti kejahatan salah satunya enam buah senjata tajam. Selain itu, adapula 85 mobil dan 193 motor yang turut diamankan polisi.

"Mereka ini pada saat dilakukan penggeledahan ada beberapa buah senjata tajam, ada enam kita temukan," pungkas dia.

Sebagaimana diketahui, tindakan yang dinilai anarkis oleh para anggota ormas tersebut berupa pelemparan, perusakan fasilitas di Mapolda Jabar hingga melakukan pengeroyokan pada anggota polisi.

2. Seorang anggota ormas bahkan naik ke patung Macan Lodaya

Demo Anarkis di Mapolda Jabar,  725 Anggota Ormas GMBI DiamankanTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dalam aksi demonstrasi tersebut, kepolsiain juga mengamankan seorang anggota ormas yang naik di atas badan patung Macan Lodaya. Hal itu terekam melalui sebuah kamera.

"Pelaku yang naik ke atas patung Macan Lodaya sudah kita tangkap," kata Dirreskrimsus Polda Jabar Kombes Arif Rachman di lokasi.

Belum disebutkan secara rinci identitas anggota yang nekat menaiki patung tersebut. Kini, dia dibawa oleh polisi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

3. Demo GMBI dipicu kasus bentrok di Karawang

Demo Anarkis di Mapolda Jabar,  725 Anggota Ormas GMBI DiamankanIDN Times/Cije Khalifatullah

Aksi demonstrasi ini sendiri dipicu karena ormas GMBI menilai penyelesaikan kasus bentrok ormas di Karawang terlalu lambat. Mereka menginginkan kepolisian lebih jeli dan cepat menyelesaikan persoalan ini

Namun, Ibrahim menegaskan bahwa penanganan kasus pembunuhan dari bentrok tersebut sudah ditangani pengadilan. Berbagai bukti yang terkumpul sudah masuk ke jaksa penunutt umum (JPU).

"Kami pastikan Polda serius menangani kasus tersebut dan kasus-kasus lainnya secara hati-hati dan profesional. Maksudnya di sini Polda bekerja bukan karena adanya tekanan dari seseorang mau pun kelompok ormas
Khususnya apabila dalam penegakan hukum tidak boleh ada intervensi," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya