Delapan Penumpang Korban Kecelakaan Kereta Api Sudah Tertangani

PT KAI minta maaf atas kejadian ini

Bandung, IDN Times - Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Noxy Citrea, membenarkan adanya peristiwa AC split jatuh pada kereta Lokal 511 Bandung Raya tujuan Cicalengka-Bandung pukul 06.45 WIB. AC split jatuh di KA Lokal kereta 1 dan 2 dan melukai delapan orang penumpang. Hal tersebut terjadi pada saat penggandengan lokomotif ke rangkaian di emplasemen Stasiun Cicalengka.

Adapun delapan orang penumpang yang terluka sudah ditangani dengan sigap oleh Tim Kesehatan PT KAI yang bertugas di Stasiun. "Sebagian sudah melanjutkan kembali menuju tujuan masing-masing dan ada dua orang yang dirujuk ke Rumah Sakit Kebon Jati untuk perawatan lebih lanjut yaitu yang mengalami luka memar dan nyeri bahu," ujar Noxy melalui siaran pers, Jumat (27/12).

1. PT KAI minta maaf atas kejadian ini

Delapan Penumpang Korban Kecelakaan Kereta Api Sudah TertanganiDok.IDN Times/Istimewa

PT KAI, lanjut Noxy, memohon maaf atas kejadian ini. KAI akan menanggung seluruh biaya pengobatan para korban tersebut. Hingga saat ini seluruh unit bergerak cepat untuk melakukan perbaikan dan penanganan agar kejadian tersebut tidak terulang kembali. Sesaat setelah kejadian, pihaknya segera mengosongkan dua kereta (gerbong) yang terdapat AC jatuh. Selanjutnya dua kereta itu dilakukan penggantian di Stasiun Bandung.

“Sekali lagi KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini dan selanjutnya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa kereta api,” pungkas Noxy.

2. Kecelakaan sempat mengangetkan penumpang kereta api

Delapan Penumpang Korban Kecelakaan Kereta Api Sudah TertanganiIDN Times/Wildan Ibnu

Kecelakaan kereta api sempat terjadi di Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung. Kecelakaan itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 06.40 WIB. Kejadian ini ramai diperbincangkan di media sosial setelah salah seorang penumpang dengan akun Instagram @jangyu12 menggunggah kondisi pasca kecelakaan tersebut.

Dari video unggahan tampak sejumlah penumpang tengah berusaha meninggalkan gerbong kereta. Selain itu ada beberapa air conditioner yang jatuh dan menimpa penumpang.

Dihubungi IDN Times, pemilik akun @jangyu12 atas nama Jajang Nurodin menuturkan, kecelakaan ini sebenarnya terjadi sekitar pukul 06.30 WIB dengan kereta Bandung Raya tujuan Cicalengka-Padalarang. Ketika itu kepala lokomotif kereta coba berputar arah berbarengan dengan penumpang yang tengah naik ke dalam gerbong dan sebagian ada yang sudah duduk.

"Tiba-tiba lokomotifnya menghantam keras gerbong. Katanya (petugas) ada eror pada rem lokomotifnya," ungkap Jajang.

3. Satu gerbong disebut sudah hancur

Delapan Penumpang Korban Kecelakaan Kereta Api Sudah TertanganiIDN Times/Debbie Sutrisno

Berdasarkan penglihatan Jajang, satu gerbong hancur parah. Kemudian ada sejumlah penumpang yang jadi korban dan mengalami lecet maupun memar. Petugas yang ada kemudian melakukan evakuasi dan membawa sejumlah korban luka-luka ke dalam ruangan tertentu.

"Kalau saya memang karena ketiban AC tadi," ujarnya.

Baca Juga: Jadi Transportasi Ternyaman, Ini 5 Sejarah Kereta Api Indonesia

Baca Juga: Hari Kereta Api, Ini 4 Lokasi Kuburan Kereta Paling Kece

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya