Datang ke Bandung, Sandiaga Uno Apresiasi Festival Kuliner Keuken 2022

Event Keuken sudah berjalan selama 11 tahun

Bandung, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambagi Kota Bandung untuk menikmati festival kuliner Keuken 2022: Sunday Funday di Kiara Arta Park, Minggu (28/8/2022) malam. Dia datang bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Sandiaga pun memberi apresiasi pada kegiatan ini yang sudah berlangsung selama 11 tahun. Capaian yang cukup lama ini membuktikan bahwa Keuken bukan hanya menjadi sebuah event nasional, tapi bisa menjadi acara internasional.

"Kegiatan ini membuktikan ada recovery dengan meningkatnya lapangan kerja yang terbuka dan menggeliatnya perekonomian," ujar Sandiaga.

Menurutnya, kegiatan seperti ini sudah seharusnya tidak hanya dinikmati masyarakat Kota Bandung dan Jawa Barat saja. Panitia harus berani menampilkan kegiatan ini di kancah dunia.

"Saya jadi ketua Asian Travex. Nanti kita ngobrol, kita dorong ke level internasional," kata dia.

1. Produk makanan Keuken sangat unik

Datang ke Bandung, Sandiaga Uno Apresiasi Festival Kuliner Keuken 2022IDN Times/Debbie Sutrisno

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuturkan, keunggulan event Keuken yaitu produk kuliner yang tidak monoton. Banyak makanan dan minuman yang dibuat secara unik sehingga para pecinta kuliner ingin mencicipinya.

Kreativitas inilah yang membuat Keukeun bisa bertahan lebih dari 10 tahun. Artinya, bukan tidak mungkin kegiatan ini memiliki umur yang panjang.

"Saya mendukung acara ini selama protokol kesehatannya diperhatikan," ujar Emil.

2. Industri kreatif harus dikembangkan bersama

Datang ke Bandung, Sandiaga Uno Apresiasi Festival Kuliner Keuken 2022IDN Times/Debbie Sutrisno

Anggota Komisi X DPR Ri, Ledia yang turut hadir dalam kegiatan ini menilai bahwa event kreatif seperti Keuken memperlihatkan bahwa industri seperti ini bisa menjadi salah satu penunjang perekonomian Indonesia. Selama ini sumber daya alam (SDA) masih menjadi nomor satu dalam pendapatan negara.

Dia berharap acara ekonomi kreatif lebih banyak diselenggarakan sehingga menjadi salah satu tulang punggu ekonomi Tanah Air.

"Industri kreatif ini harus diperjuangkan bersama. Dengan capaian 11 tahun diharap Keuken semakin lama semakin besar dan bukan hanya menjadi event kuliner Jawa Barat, tapi bisa ke Indonesia," kata dia.

3. Keukeun 2022 didatangi ribuan pecinta kuliner

Datang ke Bandung, Sandiaga Uno Apresiasi Festival Kuliner Keuken 2022IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Festival Director Keukeun Meizan Diandra Nataadiningrat menuturkan, Keukun 2022 mengambil tema 'health' karena karena banyak alasan, salah satunya ialah berbagai pelajaran yang masyarakat ambil selama pandemik COVID-19.

“Pandemik mengajarkan kita untuk lebih higienis, lebih sehat, lebih menghargai kesehatan diri sendiri dan keluarga. Pandemik juga mengajarkan kita bahwa hubungan sosial merupakan hal yang penting,” tutur Meizan.

Menurutnya, hingga hari penyelenggaraan respon masyarakat sangat tinggi dalam Keuken 2022. Tak tanggung-tanggung, Keuken 2022: Sunday Funday telah berhasil menjual seribu lebih tiketnya dari metode pembelian online. Itu merupakan kabar baik, mengingat Keuken 2022: Sunday Funday menargetkan 7.000 audiens.
 
Sejalan dengan Keuken, yang sejak 2011 memang dibuat untuk merayakan ruang publik, bagi Ican ini merupakan waktu yang tepat bagi masyarkat Kota Bandung khususnya dalam berkumpul dan memaknai kebersamaan. Apalagi, kata dia, pandemik COVID-19 saat ini berangsur membaik sehingga menjadi momentum yang pas untuk kembali bersilaturahmi dan merayakan ruang kota.

"COVID-19 telah mengubah banyak cara hidup, salah satunya adalah cara kita bersosial. Keuken 2022 menjadi momentum yang pas agar kita berkumpul kembali,” ujar Ican.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya