Damri Siapkan Layanan Angkutan dari 4 Kota Menuju BIJB Kertajati

Bus akan tersedia di Bandung, Cirebon, Kuningan dan Cikarang

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Perum Damri akan menyediakan transportasi darat untuk mengangkut masyarakat yang ingin berangkat ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Keberangkatan bus Damri itu tersedia di empat kota yaitu, Bandung, Cirebon, Kuningan dan Cikarang. Pemberangkatan ini untuk mempermudah penumpang yang akan bepergian ke luar daerah Jawa Barat menggunakan pesawat melalui Bandara Kertajati.

Kepala Perum Damri Cabang Bandung Mursalim Tutu mengatakan, Perum Damri mendapatkan bantuan lima bus dari manajemen BIJB yang kemudian digratiskan untuk penumpang. Namun, penggratisan tersebut kemungkinan tidak diberlakukan karena Perum Damri berencana melakukan pemerataan untuk seluruh bus yang ada di empat titik tersebut.

"Kemungkinan menggunakan opsi kedua dengan harga tiket Rp35.000 atau Rp37.500 per orang ini untuk 10 armada yang ada di Bandung," ujar Mursalim dalam acara Jabar Punya Informasi di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (21/6).

1. Harga tiket tiap daerah berbeda

Damri Siapkan Layanan Angkutan dari 4 Kota Menuju BIJB KertajatiIDN Times/Holy Kartika

Mursalim menuturkan, saat ini pihaknya menyiapkan 20 bus yang kemudian di sebar ke empat titik tersebut. Artinya tiap daerah minimal memiliki lima bus.

Sedangkan harga tiket setiap kota berbeda. Di Bandung harga tiket normal Rp75 ribu per orang, sedangkan Cirebon Rp40 ribu, Cikarang Rp60 ribu dan Kuningan sekitar Rp 40-50 ribu.

"Ini beda karena jarak termpuhnya kan berbeda juga," ujar Mursalim.

Jumlah bus, lanjut Mursalim, sebenarnya tergolong tidak banyak. Namun ke depan jika jumlah penumpang semakin banyak yang menggunakan BIJB maka armada bus pun sudah tentu bertambah.

Untuk jam pemberangkatan bus dari setiap kota kemungkinan akan berbeda. Di Bandung dan Cikarang, paling awal sekitar pukul 02.00 WIB, sementara dari Cirebon dan Kuningan paling cepat pukul 04.00 WIB.

2. Tak hanya bus, travel juga sudah ada yang siap berangkat ke BIJB

Damri Siapkan Layanan Angkutan dari 4 Kota Menuju BIJB KertajatiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari mengatakan, pihaknya akan menambah sebanyak mungkin titik penjemputan untuk masyarakat yang ingin berangkat menggunakan pesawat dari BIJB Kertajati. Jika selama ini mayoritas ada di Bandung dan Cirebon, ke depan akan ditambah seperti dari Purwakarta dan Kuningan.

"Sekarang ada 12 perusahaan baik bus dan minibus yang siap menjemput dan mengantarkan masyarakat dari dan ke BIJB Kertajati," paparnya.

Saat ini memang sudah ada beberapa perusahaan travel yang bercokol dan siap mengantar masyarakat ke sejumlah daerah. Dishub pun berharap dengan adanya fasilitas ini maka masyarakat tidak khawatir dengan fasilitas penunjang yang memudahan mereka menggunakan bandara ini.

3. Slot penerbangan di Bandara Husein untuk rute dekat bisa bertambah

Damri Siapkan Layanan Angkutan dari 4 Kota Menuju BIJB KertajatiIDN Times/Yogi Pasha

Hery menuturkan, pemindahan sejumlah rute domestik dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati akan berdampak baik pada penambahan slot penerbangan domestik dari Bandung. Selama ini sejumlah maskapai penerbangan telah meminta slot penerbangan di Bandara Husein Sastranegara. Namun, permintaan itu tidak bisa terpenuhi karena slot penerbangan selama ini sudah penuh.

Dengan adanya slot kosong atas perpindahan penerbangan dari Bandara Husein ke BIJB, maka permintaan penerbangan rute pendek dari Bandara Husein bisa terpenuhi. "Misal ada yang ke Bandara di Tasikmalaya, Pangandaran, Cirebon, Halim dan bandara lainnya," kata Hery.

Baca Juga: Menhub: Aktivitas Penerbangan dari BIJB Kertajati Dimulai 1 Juli

Baca Juga: Lion Air Mulai Turunkan Tarif Tiket Pesawat 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya