Damri Bandung Upayakan Seluruh Rute Kembali Beroperasi 

Sekarang ada tujuh rute damri Bandung tidak beroperasi

Bandung, IDN Times - Perwakilan dari Perusahaan Umum Damri Cabang Bandung mendatangi kantor pusat di Jakarta, meminta kejelasankan ihwal pemberhentian operasional bus kota. Dari delapan rute yang sempat dihentikan, saat ini ada satu rute yang sudah dioperasikan kembali.

"Dari 8 rute yang tak beroperasi kini satu rute sudah kembali beroperasi, rute Ciburuy-Alun Alun Bandung. Tujuh masih tak beroperasi, " ujar Koordinator AKDP DamriI Bandung, Mansyur saat dihubungi wartawan, Minggu (31/10/2021).

Mansyur mengatakan meskipun satu rute sudah berjalan, pihaknya bersama pegawai lainnya masih memperjuangkan untuk melakukan diskusi dengan pihak Perum Damri pusat.

Untuk diketahui, tujuh rute yang dihentikan sementara yaitu Cicaheum-Cibeureum, Ledeng- Leuwipanjang, Dipatiukur-Leuwipanjang, Elang-Jatinangor via Cibiru, Dipatiukur- Jatinangor, Kebon Kalapa- TJ Sari, Cicaheum- Leuwipanjang.

1. Seharusnya bus Damri tetap beroperasi layani masyarakat

Damri Bandung Upayakan Seluruh Rute Kembali Beroperasi IDN Times/Debbie Sutrisno

Mansyur menuturkan, penghentian operasional bus seharusnya tidak dilakukan. Sebab, masih banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dengan rute bus Damri selama ini

"Jadi tidak memberikan jawaban pasti dari direksi pusat. Kami berupaya untuk mempertanyakan kejelasan itu. Berjuang terus. Kami punya data. Rekan-rekan pelaku di Bandung, yang tahu kondisi disini seperti apa. Jangan tiba-tiba membuat aturan pemberhentian operasi bus sepihak oleh direksi pusat, " ungkapnya.

2. Aktivitas masyarakat mulai tumbuh dan ini harus dilayani

Damri Bandung Upayakan Seluruh Rute Kembali Beroperasi IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, kondisi di Kota Bandung dan sekitarnya sekarang mulai hidup. Masyarakat bekerja seperti biasa dan beraktivitas dari pagi sampai sore.

Maka, sudah seharusnya bus Damri hadir memberikan kemudahan masyarakat bepergian dari satu daerah ke daerah lainnya. Jangan sampai kepercayaan masyarakat terhadap bus DAMRI ditinggalkan penumpang setianya, akibat dari kebijakan tersebut.

"Tingkat kepercayaan masyarakat akan sirna. Jangan sampai jadi gak ada yang mau naik bus lagi, " ungkapnya.

3. Damri akan beroperasi seluruhnya jika keuangan mencukupi

Damri Bandung Upayakan Seluruh Rute Kembali Beroperasi IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Corporate Secretary Perum Damri mengatakan Sidik Pramono menuturkan, keterisian penumpang yang kecil dan sebagian besar pelaku perjalanan di Bandung yang tidak menggunakan bus kota menjadi pertimbangan menghentikan layanan sementara. Sidik bilang, kebijakan itu akhirnya ditempuh untuk meminimalisasi kerugian perusahaan.

"Dengan berat hati harus diambil oleh Damri guna menekan kerugian dan menjaga keberlangsungan usaha perusahaan. Damri akan terus mengevaluasi segmen-segmen usaha yang dijalankan," ungkapnya.

Jika kondisi ekonomi perusahaan masih belum stabil, Sidik mengatakan bahwa perusahaannya akan melakukan evaluasi. Di sisi lain, apabila secara ekonomi sudah terpenuhi maka kegiatan operasional dapat dijalankan kembali.

"Perusahaan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan pelayanan transportasi publik tidak terganggu yang dihentikan sementara," ucapnya.

Baca Juga: Kasus Korupsi, Penyebab DAMRI Bandung Berhenti Beroperasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya