Dalam Sehari Terjadi 23 Gempa Susulan di Cianjur

Sudah ada 259 gempa susulan di Kabupaten Cianjur 

Bandung, IDN Times - Gempa susulan masih terjadi di Kabupaten Cianjur setelah gempa utama dengan skala magnitudo (m) 5,1 pada Senin (21/11/2022). Sampai hari ini gempa susulan masih terus terjadi.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sampai Sabtu (26/11/2022) pukul 06.00 WIB, gempa susulan sudah mencapai 259 kali. Jumlah ini naik dibandingkan sehari sebelumnya yang mencapai 236. Artinya dalam 24 jam sudah terjadi 23 kali gempa susulan.

"Magnitudo terbesar skala M4,2 dan terkecil M2,1," dikutip dari rilis BMKG.

Deputi Geofisika BMKG Suko Prayitno Adi gempa susulan dalam beberapa hari terakhir memang terus terjadi, meski jumlahnya menurun. Dia mengingatkan masyarakat di wilayah terdampak untuk menghindari bangunan yang telah rusak guna antisipasipotensi bahaya.

Di sisi lain, dia meminta masyarakat baik yang berada di Cianjur maupun daerah lain agar tidak menyebarkan informasi yang diterima tanpa memastikan kebenarannya.

"Kita berjalan terus, karena banyak berita hoaks seolah-olah akan terjadi gempa di sini pada jam berapa. Ini lagi berkembang," ujarnya dikutip dari ANTARA.

Terkait hoaks yang berkembang, ia meminta agar masyarakat tidak menyebarkan kepada pihak lain ketika menerima pesan berantai tentang gempa dengan sumber yang tidak jelas.

"Kalau ada isu akan terjadi gempa yang besar dan lain sebagainya cukup di kita saja tidak usah kita share," tutur Suko.

Baca Juga: Belum Dapat Bantuan Gempa Cianjur, Warga Ngungsi di Dekat Kuburan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya