Curhat Tak Dapat Digaji, TKW Asal Sukabumi Berhasil Dipulangkan ke RI

Korban mengaku pekerjaan yang dijanjikan tidak sesuai 

Bandung, IDN Times - Seorang tenaga kerja wanita (TKW) berinisial RO (25) berhasil pulang ke Indonesia setelah sebelumnya mencurahkan isi hatinya (curhat) lewat media sosial Facebook. Wanita asal Kecamatan Cidahu ini mengadu setelah tidak karuan bekerja di Arab Saudi.

Kapolres Sukabumi Polda Jabar AKBP Dedy Darmawansyah menjelaskan, proses kepulangan RO berawal ketika pihak keluarga mendapat curhatan dari yang bersangkutan. Mereka lantas melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian.

Mendapat informasi itu, Polres Sukabumi langsung berkoordinasi dengan Unit PPA untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak terutama KBRI di Arab Saudi guna dapat memulangkan RO ke Sukabumi.

1. Pulang ke Indonesia hari ini

Curhat Tak Dapat Digaji, TKW Asal Sukabumi Berhasil Dipulangkan ke RIDokumen Polda Jabar

Berkat kerja keras penyidik dan koordinasi yang baik dengan pihak KBRI di Arab Saudi maka RO berhasil dipulangkan ke Sukabumi dan tiba di Mapolres Sukabumi Polda Jabar, malam ini, Minggu (6/3/22) sekitar pukul 01.00 wib dini hari.

"Alhamdulillah kami setelah bekerja sama dengan Polda dan atase Kepolisian KBRI Arab Saudi dapat memulangkan RO ke Sukabumi," kata Dedy melalui siaran pers.

Dia memastikan proses kepulangan RO tidak berhenti di sini. Polisi bakal melakukan pendalaman dengan gelar pekara guna mengetahui apakah ada tindak pidananya dalam kasus RO ini.

2. RO merasa ditipu dan dijadikan asisten rumah tangga

Curhat Tak Dapat Digaji, TKW Asal Sukabumi Berhasil Dipulangkan ke RIIDN Times/Indiana Malia

RO sendiri merasa senang telah kembali di kampung halamannya di Sukabimi. Apalagi dirinya dapat melihat lagi anaknya yang masih balita.

Dari pengakuan korban, RO awalnya mengenai pihak yang bisa memberangkatkannya dari Facebook. Dia dijanjikan bekerja sebagai pengasuh anak.

Namun sesampainya di Arab Saudi, RO justru dipekerjakan sebagai asisten rumah tangga. "Dia pun mengaku tidak mendapat gaji selama bekerja di Arab Saudi," ujar Dedy sebagaimana keterangan RO.

3. Kinerja kepolisian ini bisa tingkatkan kepercayaan masyarakat

Curhat Tak Dapat Digaji, TKW Asal Sukabumi Berhasil Dipulangkan ke RIKapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah. Dokumen Polda Jabar

Terpisah, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo mengapresiasi Polres Sukabumi Polda Jabar atas kerja kerasnya, berhasil memulangkan TKW yang mengadu via medsos, sehingga dapat berkumpul kembali bersama keluarga.

"Ini merupakan potret Kepolisian yang ramah dan humanis sehingga tingkat kepercayaan dari masyarakat semakin bertambah.' ucap Ibrahim Tompo.

Baca Juga: TKW Purwarkarta Korban Penipuan Sudah Diselamatkan KBRI Kuala Lumpur

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Wanita di Semak-semak di Bandung Berhasil Diringkus 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya