Citarum Ditarget Kembali Bersih Dalam Lima Tahun ke Depan

Pemerintah awalnya menetapkan perbaikan dalam tujuh tahun

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Citarum Expo di Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa(19/2). Penyelenggarakan ini bertujuan menyatukan visi dan misi dalam gerakan Citarum Harum agar semua elemen masyarakat bisa gotong-royong ikut menyukseskan gerakan ini.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, awalnya pemerintah menargetkan perbaikan kualitas air Sungai Citarum dalam tujuh tahun, tapi setelah melihat tekad masyarakat yang ingin ikut serta, maka Ridwan Kamil optimistis Citarum bisa kembali bersih dalam lima tahun ke depan.

1. Berbagai kelompok masyarakat ikut serta

Citarum Ditarget Kembali Bersih Dalam Lima Tahun ke DepanIDN Times/Debbie Sutrisno

Ridwan Kamil menuturkan, sejak awal dicanangkan melalui peraturan presiden (Perpres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, tidak sedikit masyarakat yang semakin tergugah dan berusaha melakukan berbagai aksi untuk ikut memperbaiki Citarum.

"Ada kelompok kecil, besar, pemerintah, perusahaan, pokoknya semua hadir di Citarum," ujar Ridwan Kamil dalam acara ini, Selasa (19/2).

Menurutnya, berbagai kelompok masyarakat ini tidak hanya memberikan tenaganya, tapi ada juga yang menyumbangkan dana, ilmu, hingga membangun jaringan yang bisa berdampak positif bagi Citarum.

2. Ribuan pramuka ikut serta membersihkan Citarum

Citarum Ditarget Kembali Bersih Dalam Lima Tahun ke Depanidntimes.com

Selain anggota TNI di berbagai daerah, Ridwan Kamil mengapresiasi para anggota Pramuka yang jumlahnya ribuan dan ikut menjaga agar Citarum bisa bersih kembali.

"Sumber daya terbesar ya dari Pramuka yang beribu-ribu. Mereka 'mengeroyok' Citarum bersama-sama," ujar Ridwan Kamil.

3. Bergerak layaknya orkestra musik

Citarum Ditarget Kembali Bersih Dalam Lima Tahun ke DepanIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Emil, sapaan akrabnya, gerakan dari masyarakat yang terus bertambah diharap bisa menjadi 'orkestra musik' yang bisa dinikmati bersama. Melalui rencana kerja yang telah dipersiapkan pemerintah daerah, masyarakat akan bergerak sesuai dengan apa yang telah disiapkan.

Sehingga, diharap semua gerakan masyarakat ini bisa berjalan sesuai dan menghasilkan kebaikan bagi Citarum sesuai rencana.

4. Menteri PUPR senang melihat gerakan Citarum Harum

Citarum Ditarget Kembali Bersih Dalam Lima Tahun ke DepanIDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam penyelenggaraan Citarum Expo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono puas dengan apa yang dilakukan masyarakat Jawa Barat. Saat ini kementeriannya tengah membuat beberapa skema seperti terowongan, waduk, dan lainnya agar pengendalian air di sepanjang Sungai Citarum semakin baik.

"Kita optimis dalam lima tahun ke depan bisa bermain lagi di Citarum," kata Basuki.

Basuki menjelaskan, pemerintah Indonesia sebenarnya sudah sering melakukan perbaikan untuk Sungai Citarum, bukan hanya pada masa pemerintahan sekarang. Namun, pengerukan tanah dan program lainnya tetap tidak berhasil memperbaiki Citarum secara utuh.

Hasilnya banjir tetap sering melanda masyarakat yang berada di sekitar bantaran sungai Citarum. Persoalan ini pun membuat pemerintah daerah setempat harus merogoh kocek dana untuk bantuan sosial.

5. Pengolahan limbah dan air terus diperbaiki

Citarum Ditarget Kembali Bersih Dalam Lima Tahun ke DepanANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Kementerian PUPR, lanjut Basuki, juga fokus dalam pengolahan limbah dan air bersih. Saat ini masih banyak limbah dari masyarakat maupun industri yang belum mampu diolah agar lebih baik kualitasnya. Limbah yang terbuang ke sungai mayoritas berasal dari mereka yang ada di sekitar bantaran sungai.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya