Cegah Penyebaran COVID-19, ITB Batalkan Kegiatan Wisuda Mahasiswa 

Untuk perkuliahan dosen dan mahasiswa bisa pakai e-learning

Bandung, IDN Times - Kekhawatiran penyebaran virus corona mulai merambah dunia pendidikan. Sejumlah kampus bahkan sudah mengimbau agar tidak banyak melakukan kegiatan yang bisa mengimpun banyak massa.

Kali ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) memberlakukan hal serupa. Dari surat edaran yang diterima IDN Times, ITB akan menghentikan segala bentuk kegiatan di lingkungan ITB dan melibatkan peserta dari dalam dan luar kampus atau daerah bakal ditiadakan.

"Termasuk dengan penyelenggaraan wisuda April 2020 dan kegiatan Stadium General," ujar Rektor ITB Reini Wirahadikusumah berdasarkan surat edaran tersebut, Sabtu (14/3).

Selain itu, kegiatan seperti konferensi, workshop, seminar yang ada di lingkungan atau sekolah, prodi, dan pusat penelitian ITB dihentikan sementara.

1. Seluruh eleman kampus pun harus ikut serta melakukan antisipasi

Cegah Penyebaran COVID-19, ITB Batalkan Kegiatan Wisuda Mahasiswa infeksiemerging.kemkes.go.id

Reini mengatakan, keputusan ini mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 3 tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID 19) pada Satuan Pendidikan dan Surat SekJen Dikbud tanggal 12 Maret 2020 tentang penundaan penyelenggaraan acara yang melibatkan banyak peserta dan daerah.

Dia pun menginstruksikan kepada seluruh unsur kepemimpinan ITB yaitu Dekan Fakultas/Sekolah, Pimpinan Prodi, Senat Akademik, Majelis Wali Amanat, Pusat Penelitian/Pusat, dan Forum Guru Besar, untuk selalu berkoordinasi dengan pihak rektoral dalam kerangka upaya untuk pemantauan dan pencegahan COVlD-19

"Kami mengimbau kepada segenap sivitas akademika dan tenaga kependidikan ITB untuk aktif dalam pencegahan Corona Virus Disease (COVlD-19) yang telah menjadi wabah mendunia (pandemic)," kata dia.

2. Pembelajaran bisa memaksimalkan dengan metode jarak jauh

Cegah Penyebaran COVID-19, ITB Batalkan Kegiatan Wisuda Mahasiswa unsplash.com/glenncarstenspeters

Untuk proses perkuliahan, Reini meminta segenap dosen ITB untuk bisa mengoptimalkan berbagai bentuk metode pembelajaran jarak jauh, termasuk pemanfaatan fasilitas e learning/onIine dalam kerangka upaya pencegahan COVID 19,.

"Ini sesuai dengan arahan dari Direktorat Pendidikan dan Direktorat Pengembangan Pendidikan ITB," ujarnya.

3. ITB juga membentuk Satgas Mitigasi Penyebaran COVID-19

Cegah Penyebaran COVID-19, ITB Batalkan Kegiatan Wisuda Mahasiswa (Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Saat ini ITB pun telah membentuk Satgas Mitigasi Penyebaran COVID-19. Ini merupakan upaya dari ITB untuk meningkatkan efektivitas upaya mitigasi. Tugas utama satgas ini utuk memantau perkembangan kondisi dan memberikan rekomendasi kebijakan ITB berkenaan dengan pencegahan pandemik COVID-19.

"Satgas akan berkoodinasi langsung ke sekretaris institut," papar Reini

Adapun susunan satgas sebagai berikut:

- Ernawaty Arifm Gin Rachman. M.Si. PhD, (SITH ITB) sebagai Ketua Satgas

-Diki Mudhakir. S SI, M Si. sebagai Kepala UPT Layanan Kesehatan ITB

-Herto Dwi Ariesyady, ST. MT. sebagai Direktur Sarana dan Prasarana ITB; dan

- Sonny Yuhar. Ph.D. enjadi Staf AhIi Sekretaris lnstitut ITB)

Keputusan ini dinyatakan berlaku sejak tanggal diterbitkannya sampai 30 April 2020. Sikap dan Kebijakan ITB berkenaan dengan Pencegahan Corona Virus Disease (COVlD-19) akan diperbaharui sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi yang terkait baik pada skala lokal, nasional, maupun global.

Baca Juga: Cegah Corona, Universitas Negeri Jember Tunda Wisuda

Baca Juga: Siaga COVID-19, Telkom University Tunda Wisuda 1.400 Mahasiswa

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya